RAMADHAN, Rizky (2021) Peran Guru Penjas dalam Implementasi 3M pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Negeri se-Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Rizky Ramadhan-I1E017038-Skripsi-2021.pdf Download (89kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Rizky Ramadhan-I1E017038-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (475kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Rizky Ramadhan-I1E017038-Skripsi-2021.pdf Download (62kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-Rizky Ramadhan-I1E017038-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (145kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-Rizky Ramadhan-I1E017038-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (326kB) |
|
PDF (BabIII)
Bab III-Rizky Ramadhan-I1E017038-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Rizky Ramadhan-I1E017038-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-Rizky Ramadhan-I1E017038-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Rizky Ramadhan-I1E017038-Skripsi-2021.pdf Download (126kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Rizky Ramadhan-I1E017038-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Latar Belakang: Virus COVID-19 adalah penyakit menular yang mirip dengan influenza yang di sebabkan oleh Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus2 (SARS-CoV-2). Pemerintah Indonesia kemudian menetapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) demi menekan kasus penyebaran COVID-19. Kebijakan tersebut diikuti dengan penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi COVID-19 dilakukan dengan pembelajaran tatap muka terbatas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan pembelajaran jarak jauh. Edukasi 3M (Mencuci tangan, Menjaga jarak, dan Memakai masker) menjelaskan bahwa dalam rangka pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disease (COVID-19). Peran guru yang mendidik dan mengedukasi 3M sangat dibutuhkan untuk mengimplementasikan 3M di satuan Pendidikan. Metodologi: Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri se-Purwokerto. Menggunakan sampel 383 peserta didik dengan teknik proportionate starfied random sampling. Analisis data dengan cara mendiskripsikan bedasarkan data yang terkumpul. Hasil Penelitian: Keseluruhan aspek peran guru Penjas dalam implementasi 3M di SMP Negeri se-Purwokerto dirasa sangat berperan oleh peserta didik. Aspek Menjadi Teladan Edukasi 3M memperoleh nilai indeks 92,58%, Menyampaikan Edukasi 3M memperoleh nilai indeks 94,70%, Mengintegrasikan Edukasi 3M memperoleh nilai indeks 92,24%, Mengingatkan Penerapan 3M Di Luar Lingkungan Sekolah memperoleh nilai indeks 89,09%, Mengingatkan Penerapan 3M Di Lingkungan Sekolah memperoleh nilai indeks 93,17%, Berbagi Praktik Dengan Sesama Guru memperoleh nilai indeks 90,53%. Kesimpulan: (1) Peran guru Penjas dalam implementasi 3M di SMP Negeri se-Purwokerto menunjukkan kategori sangat berperan pada setiap aspek, (2) Nilai presentase terendah pada aspek Mengingatkan Penerapan 3M Di Luar Lingkungan Sekolah dengan nilai indeks 89,09%, (3) Nilai presentase tertinggi pada aspek Menyampaikan Edukasi 3M dengan nilai indeks 94,70%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | I21225 |
Uncontrolled Keywords: | Peran, Guru Pendidikan Jasmani, 3M, SMP Negeri se-Purwokerto |
Subjects: | C > C630 Communicable diseases Prevention T > T41 Teachers |
Divisions: | Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Pendidikan Jasmani |
Depositing User: | Mr Rizky Ramadhan |
Date Deposited: | 22 Nov 2021 04:10 |
Last Modified: | 22 Nov 2021 04:10 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/12150 |
Actions (login required)
View Item |