NASTITI, Dyah Handayani (2021) Komparasi Kepuasan Pasien Rawat Inap BPJS Kesehatan dan Non BPJS Kesehatan pada Masa Pandemi di RSUD Goeteng Taroenadibrata Purbalingga. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Dyah Handayani-C2C017040-Tesis-2021.pdf Download (41kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Dyah Handayani-C2C017040-Tesis-2021 (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (905kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Dyah Handayani-C2C017040-Tesis-2021.pdf Download (142kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Dyah Handayani-C2C017040-Tesis-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (452kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Dyah Handayani-C2C017040-Tesis-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (513kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Dyah Handayani-C2C017040-Tesis-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (342kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Dyah Handayani-C2C017040-Tesis-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (531kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Dyah Handayani-C2C017040-Tesis-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Dyah Handayani-C2C017040-Tesis-2021.pdf Download (271kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Dyah Handayani-C2C017040-Tesis-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian survei pada pasien BPJS dan pasien Non BPJS rawat inap dari RSUD Goeteng Taroenadibrata Purbalingga. Penelitian ini mengambil judul: “Komparasi Kepuasan Pasien Rawat Inap BPJS Kesehatan dan Non BPJS Kesehatan Pada Masa Pandemi Di Rsud Goeteng Taroenadibrata Purbalingga”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis perbedaan kepuasan pasien rawat inap BPJS dan Non BPJS pada masa pandemi dan mengetahui dimensi kualitas pelayanan yang pengaruhnya paling besar terhadap kepuasan pasien rawat inap di RSUD Goeteng Taroenadibrata di RSUD Goeteng Taroenadibrata. Populasi dari penelitian ini adalah semua pasien rawat inap yang sedang mendapatkan perawatan di RSUD Goeteng Taroenadibrata Purbalingga dengan status sebagai pasien BPJS maupun pasien Non BPJS, dimana rata-rata kunjungan setiap bulan sebesar 1123 pasien, dengan rata-rata pasien BPJS 584 pasien dan Non BPJS 539 pasien. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis dengan menggunakan Uji Independent T Test Variabel Kepuasan Pasien, diketahui hasil signifikansi dari uji independent t-test variabel kepuasan yaitu sebesar 0,012. Hasil 0,012 < 0.05 maka dari itu dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang siginifikan antara kepuasan pasien BPJS dengan pasien Non BPJS. Implikasi dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa kepuasan pasien BPJS terhadap kualitas pelayanan di Rumah Sakit Goeteng lebih rendah dibanding dengan kepuasan pasien Non BPJS dengan dimensi responsiveness memiliki pengaruh yang paling tinggi terhadap kepuasan pasien dilihat berdasarkan nilai t hitung sebesar 8,046 dimana ini lebih besar dibandingkan dengan nilai t hitung variabel yang lainnya. dalam meningkatkan kualitas layanan di rumah sakit dimana Rumah Sakit Goeteng Purbalingga Manajemen Rumah Sakit dapat menyediakan lahan parkir yang lebih luas, kemudian memberikan pelatihan agar petugas dapat bekomunikasi lebih baik dengan pasien dan dapat memberikan solusi bagi masalah-masalah yang ditanyakan oleh pasien.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Nomor Inventaris: | P21267 |
Uncontrolled Keywords: | Komparasi, Kepuasan, Pasien |
Subjects: | C > C1020 Customer services H > H56 Health insurance P > P103 Patients |
Divisions: | Program Pascasarjana & Profesi > S2 Manajemen |
Depositing User: | Mrs DYAH HANDAYANI NASTITI |
Date Deposited: | 23 Nov 2021 08:45 |
Last Modified: | 23 Nov 2021 08:45 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/12209 |
Actions (login required)
View Item |