Formula Strategi Peningkatan Mutu Kinerja RSUD Suradadi Kabupaten Tegal (Studi Kasus dengan Pendekatan Balanced Scorecard)

UTAMI, Sri Anidyo (2021) Formula Strategi Peningkatan Mutu Kinerja RSUD Suradadi Kabupaten Tegal (Studi Kasus dengan Pendekatan Balanced Scorecard). Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Sri anidyo utami-C2C018067-Skripsi-2021.pdf

Download (176kB)
[img] PDF (Legailtas)
LEGALITAS-Sri anidyo utami-C2C018067-Skripsi-2021(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Sri anidyo utami-C2C018067-Skripsi-2021-dikonversi.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Sri anidyo utami-C2C018067-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (593kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Sri anidyo utami-C2C018067-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (981kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Sri anidyo utami-C2C018067-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Sri anidyo utami-C2C018067-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Sri anidyo utami-C2C018067-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Sri anidyo utami-C2C018067-Skripsi-2021.pdf

Download (203kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Sri anidyo utami-C2C018067-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penetapan RSUD Suradadi sebagai rumah sakit tipe C trauma center oleh Pemda Kabupaten Tegal dalam RPJMD kabupaten memerlukan strategi khusus untuk mewujudkannya. Pengukuran kinerja SKPD selama ini masih bersifat tradisional. Berdasarkan penelitian dengan menggunakan pendekatan BSC, kinerja RSUD Suradadi selama tahun 2016-2018 masih banyak ditemukan masalah keuangan dan non keuangan di RSUD Suradadi yang harus dibenahi dan ditingkatkan. Berdasarkan perumusan masalah di atas dapat disusun pertanyaan sebagai berikut: Mengapa masih banyak hal kinerja RSUD Suradadi 2016-2019 berdasarkan perspektif BSC yang belum baik?Bagaimanakah strategi manajemen RSUD Suradadi dalam memenuhi standar pelayanan rumah sakit tipe C di era UHC dan memenangkan strategi kompetitif sebagai rumah sakit trauma centre di Jawa Tengah utara bagian barat dengan menggunakan Strengths-Weaknesses-Opportunities-Threats (SWOT) matrix? Balanced Scorecard adalah metode pengukuran hasil kerja yang digunakan perusahaan atau biasa disebut dengan strategi manajemen melalui 4 perspektif yaitu keuangan, pelanggan, bisnis internal, dan pembelajaran. Sumber data primer adalah Wawancara dengan direktur, manajemen, karyawan, pasien, dengan modul wawancara HRSC (Human Resources Scorecard). Sumber data sekunder 1. Data karyawan di RSUD Suradadi 2. Rencana bisnis anggaran dan laporan keuangan RSUD Suradadi tahun 2017-2019 3. Laporan bulanan rekam medis RSUD Suradadi tahun 2017-2019 4. Data laporan Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP) 2017-2019 Penelitian ini mendapatkan 10 kekuatan (S), 10 kelemahan (W), 8 kesempatan (O) dan 6 ancaman (T) bagi RSUD Suradadi. Hasil Analisis IFE dan EFE matrix didapatkan nilai IFE: (2,537) dan EFE (2,327). Hasil analisis QSPM dari penelitian ini menghasilkan 2 strategi yaitu: membangun distinctive kompetensi RSUD Suradadi (internal) dengan hasil nilai: 3,567 dan meningkatkan market share (eksternal) dengan hasil nilai: 3,05. Dari hasil kedua analisa penelitian diatas maka disimpulkan untuk lebih mendahulukan perbaikan internal dibandingkan perbaikan eksternal. Implikasi penelitian: 1. Prespektif pertumbuhan dan pembelajaran a. Perubahan struktur organisasi RSUD Suradadi. b. Perbaikan dan penguatan SDM yang berbasis strategi. c. Meningkatkan semangat belajar dan berkembang di lingkungan RSUD Suradadi 1) Meningkatkan jumlah, inovasi dan mutu pelayanan. 2) Differensiasi produk layanan. 3) Memanfaatkan instalasi penunjang kesehatan untuk mendapatkan sumber pendapatan lain di luar core business Rumah Sakit (S10, O8) 2. Perspektif bisnis internal a. Penguatan strategi kegiatan tahunan RSUD Suradadi yang lebih presisi mengarah pada RPJMD kabupaten Tegal dan visi misi RSUD Suradadi. b. Perbaikan komunikasi antar bagian yang lebih efektif. c. Perbaikan dan peningkatan layanan yang sesuai akreditasi SNARS d. Perbaikan sistem manajemen farmasi di RSUD Suradadi 3. Prespektif kepuasan pelanggan. a.Peningkatan keamanan lingkungan dan perbaikan maintenance yang berorientasi pada efisiensi dan efektifitas. b.Hasil kajian penelitian ini mendapatkan strategi eksternal bagi RSUD Suradadi; peningkatan market share dan market development 4. Perspektif keuangan Perspektif keuangan merupakan hasil dari ketiga persepektif sebelumnya, supaya dapat berjalan dengan baik seehingga demi menjamin terwujudnya peningkatan pendapatan maka saran-saran strategi diatas diperlukan untuk mengoptimalkan kinerja pelayanan menghasilkan pendapatan baik dari pelayanan klinis maupun penunjang dan maintenancenya.

Item Type: Thesis (Masters)
Nomor Inventaris: P21271
Uncontrolled Keywords: balance scorecard, strategi manajemen
Subjects: H > H252 Hospitals Personnel management
Q > Q2 Quality control
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen
Depositing User: Mrs Sri Anidyo Utami
Date Deposited: 25 Feb 2022 10:44
Last Modified: 25 Feb 2022 10:44
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/12241

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year