RASYIID, Muhammad Assyakuur (2021) Analisis Sikap dan Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap Produk Kecap Merek A di Kota Kebumen Jawa Tengah. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Muhammad Assyakuur Rasyiid-A1A016097-Skripsi-2021.pdf Download (424kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Muhammad Assyakuur Rasyiid-A1A016097-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (768kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Muhammad Assyakuur Rasyiid-A1A016097-Skripsi-2021.pdf Download (251kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Muhammad Assyakuur Rasyiid-A1A016097-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (391kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Muhammad Assyakuur Rasyiid-A1A016097-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (662kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Muhammad Assyakuur Rasyiid-A1A016097-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Muhammad Assyakuur Rasyiid-A1A016097-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Muhammad Assyakuur Rasyiid-A1A016097-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (316kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Muhammad Assyakuur Rasyiid-A1A016097-Skripsi-2021.pdf Download (381kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Muhammad Assyakuur Rasyiid-A1A016097-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Industri kecap merupakan salah satu industri yang bergerak pada sektor agroindustri. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) berdasarkan Survey Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) 2020 menunjukkan bahwa tingkat konsumsi kecap masyarakat Indonesia tahun 2015-2019 merupakan yang tertinggi urutan kedua setelah garam. Kebutuhan masyarakat akan kecap yang tinggi mengakibatkan perusahaan kecap juga berkembang dari skala lokal dan nasional. Kecap Merek A merupakan pelopor produk kecap lokal di Kabupaten Kebumen. Kehadiran produk-produk kecap yang berskala nasional merupakan sebuah tantangan besar bagi Kecap Merek A agar dapat tetap mempertahankan serta memperluas jaringan pemasaran yang dimilikinya. Pengetahuan mengenai sikap dan kepuasan konsumen memberikan keuntungan kepada Kecap Merek A agar dapat menyediakan kecap yang sesuai dengan harapan konsumen serta untuk menjawab tantangan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis sikap konsumen terhadap produk Kecap Merek A di Kota Kebumen Jawa Tengah berdasarkan atribut produk yang dimilikinya; 2) Menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap produk Kecap Merek A di Kota Kebumen Jawa Tengah berdasarkan atribut produk yang dimilikinya; 3) Menyusun strategi peningkatan kinerja atribut sebagai implikasi dari hasil penelitian di Kota Kebumen Jawa Tengah. Penelitian dilakukan pada bulan Januari 2021 di Kota Kebumen Kabupaten Kebumen Jawa Tengah dengan pertimbangan bahwa pabrik Kecap Merek A terletak di pusat Kota Kebumen dan Kota Kebumen merupakan salah satu wilayah pemasaran utama dari Kecap Merek A. Metode penelitian yaitu survei dan pengambilan responden dilakukan dengan metode accidental sampling. Responden penelitian sebanyak 100 orang berdasarkan syarat yang telah ditentukan. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis uji instrumen data menggunakan uji validitas dan reliabilitas, analisis deskriptif, analisis sikap multiatribut fishbein dan costumer satisfaction index (CSI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut Kecap Merek A yang paling disukai konsumen berturut-turut adalah label halal, tanggal kadaluarsa, dan izin depkes dengan perolehan nilai sikap sangat positif, selanjutnya diikuti oleh atribut rasa khas, rasa manis, aroma, kekentalan, warna, dan ketersediaan yang dinilai positif oleh konsumen. Atribut harga, keberagaman kemasan, keberagaman ukuran, dan desain gambar/visual kemasan disikapi biasa saja oleh konsumen, sedangkan atribut yang tidak disukai oleh konsumen adalah atribut media promosi yang mendapan penilaian sikap negatif. Tingkat kepuasan konsumen terhadap atribut-atribut Kecap Merek A di kota Kebumen memiliki nilai indeks kepuasan sebesar 75,63% dimana dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan konsumen sudah puas dengan atribut-atribut yang dimiliki Kecap Merek A.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | A21276 |
Uncontrolled Keywords: | Kecap Merek A, Atribut Produk, Sikap, Fishbein, Kepuasan, CSI |
Subjects: | C > C1019 Customer relations |
Divisions: | Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis |
Depositing User: | Mr Muhammad Assyakuur Rasyiid |
Date Deposited: | 21 Dec 2021 07:56 |
Last Modified: | 21 Dec 2021 07:56 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/12442 |
Actions (login required)
View Item |