AMALIA, Vita Rizki (2020) Analisis Model Antrian pada Pelayanan Kasir Toko Berkah Jaya Sampang. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Vita Rizki Amalia-C1B015097-Skripsi-2020.pdf Download (176kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Vita Rizki Amalia-C1B015097-Skripsi-2020-dikonversi.pdf Restricted to Repository staff only Download (592kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Vita Rizki Amalia-C1B015097-Skripsi-2020.pdf Download (326kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Vita Rizki Amalia-C1B015097-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (482kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Vita Rizki Amalia-C1B015097-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (546kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Vita Rizki Amalia-C1B015097-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (415kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Vita Rizki Amalia-C1B015097-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (559kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Vita Rizki Amalia-C1B015097-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) |
|
PDF (DAftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Vita Rizki Amalia-C1B015097-Skripsi-2020.pdf Download (124kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Vita Rizki Amalia-C1B015097-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian observasi tentang model antrian padapelayanan pasir di Toko Berkah Jaya yang berada di desa Sampang, Cilacap.Penelitian ini mengambil judul: “Analisis Model Antrian pada Pelayanan KasirToko Berkah Jaya Sampang”. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis jumlah kasir yangoptimal pada Toko Berkah Jaya Sampang serta melihat kinerja dari sistempelayanan kasir yang sudah dijalankan. Untuk melihat jumlah kasir yang optimalserta kinerja dari sistem pelayanan kasir yang sudah dijalankan, dapat dilihat darimode antrian yang diterapkan, data tingkat kedatangan pelanggan dan tingkatpelayanan pelanggan, serta analisis biaya yang dikeluarkan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang datang keToko Berkah Jaya Sampang. Sampel dalam penelitian ini adalah pelanggan yangmelakukan transaksi di kasir pada pukul 10.00-11.00 WIB dan pukul 16.00-17.00WIB, dengan penelitian yang dilakukan selama 14 hari pada total 4 kasir yangdibuka. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis menggunakan model MultiChannel Single Phase (M/M/S) menunjukkan bahwa: (1) Jumlah kasir yangtersedia di Toko berkah Jaya Sampang ada sebanyak 8 kasir, namun yang dibukaatau dioperasikan hanya 4 kasir, entah itu di kondisi ramai ataupun normal. (2)Waktu tunggu pelayanan pada kasir Toko Berkah Jaya Sampang sudah dapatdikatakan optimal karena tingkat kesibukan kasir yang cukup tinggi dalammelayani pelanggan. Implikasi dari kesimpulan diatas yaitu melakukan pengurangan kasir dari 4kasir menjadi 3 kasir pada konsisi normal pukul 16.00-17.00 dan menempatkansebanyak 2 orang dalam satu kasir pada kondisi ramai untuk mempercepatpelayanan pembayaran pada pelanggan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C20042 |
Uncontrolled Keywords: | antrian, multi channel single phase, biaya |
Subjects: | C > C1020 Customer services |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen |
Depositing User: | Users 4079 not found. |
Date Deposited: | 10 Jan 2022 04:25 |
Last Modified: | 10 Jan 2022 04:25 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/12616 |
Actions (login required)
View Item |