Komunikasi Pendidikan Ustadz di Pondok Pesantren Arrisalah Cijantung IV Ciamis dalam Membentuk Santri Berprestasi

SAPUTRI, Shelly Wielan (2020) Komunikasi Pendidikan Ustadz di Pondok Pesantren Arrisalah Cijantung IV Ciamis dalam Membentuk Santri Berprestasi. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK .pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN 2 TRANSKIP WAWANCARA USTADZ.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Komunikasi Pendidikan menjadi hal yang paling penting sebagai penentu keberhasilan dalam mendidik bagi penerus generasi bangsa yang merupakan suatu proses belajar mengajar untuk menuju lebih baik dalam mencapai tujuan bersama. Proses komunikasi pendidikan di Pondok Pesantren Arrisalah dilakukan antara ustadz dengan santri yang bersifat resmi. Ada tiga pokok pembelajaran di Pondok Pesantren Arrisalah, yaitu Al-Qur’an, Kitab dan Bahasa yang menggunakan dua metode yaitu Klasikal dan Tamyiz. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana komunikasi pendidikan yang diterapkan oleh ustadz di Pondok Pesantren Arrisalah Cijantung IV Ciamis dalam membentuk santri berprestasi. Teori yang digunakan dalam penelitiann ini adalah Teori Persepsi dari Komunikasi Persuasif. Penelitian ini menggunakan model penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini sebanyak delapan orang dengan masing-masing empat informan kunci dan empat informan pendukung dengan menggunakan purposive sampling. Metode analisis data dari Miles and Huberman, serta validitas data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini yaitu : komunikator berperan membimbing dan memotivasi para santri dalam proses pembelajaran dengan membujuk santri dan menciptakan sebuah persepsi bahwa jika santri bekerja keras maka santri tersebut akan berhasil. Maka terbentuklah sebuah persepsi bahwa bekerja keras yang seperti apa yang seharusnya santri lakukan agar santri tersebut berhasil. Untuk mengasah kemampuan dan mental santri pihak pondok pesantren melaksanakan kegiatan yang dinamakan dengan muhadhoroh. Muhadhoroh berfungsi sebagai proses terbentuknya mental santri untuk menjadi santri yang berprestasi. Selain muhadhoroh untuk menjadikan santrinya berprestasi. Komunikasi yang dibangun ustadz kepada santrinya juga dapat dilakukan secara intens dengan cara pendampingan dan bertatap muka maupun berupa ceramah. Jadi ketika ustadz melakukan komunikasi secara bertatap muka dengan santri yang dilakukan setiap hari, kemungkinan santri akan menangkap reaksi ustadz secara langsung, baik secara verbal maupun non verbal sehingga menghasilkan umpan balik untuk ustadz. Disitulah ustadz melakukan persuasi dengan menciptakan sebuah persepsi untuk santri agar menghasilkan santri yang berprestasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F20030
Uncontrolled Keywords: Proses Komunikasi Pendidikan Ustadz Pondok Pesantren Arrisalah Dalam Membentuk Santri Berprestasi
Subjects: A > A19 Academic achievement
C > C631 Communication
T > T41 Teachers
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mrs Yayuk Khotiarsih
Date Deposited: 19 Jan 2022 04:26
Last Modified: 19 Jan 2022 04:26
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/12920

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year