KAMILA, Haula Ajra (2022) Korelasi antara Self-Directed Learning Readiness dengan Nilai Ujian MCQ Mahasiswa Tahun Pertama Jurusan Kedokteran Umum Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Haula Ajra Kamila-G1A018001-Skripsi-2022.pdf Download (263kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Haula Ajra Kamila-G1A018001-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Haula Ajra Kamila-G1A018001-Skripsi-2022.pdf Download (390kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Haula Ajra Kamila-G1A018001-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Haula Ajra Kamila-G1A018001-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (658kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Haula Ajra Kamila-G1A018001-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (344kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Haula Ajra Kamila-G1A018001-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (671kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Haula Ajra Kamila-G1A018001-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (271kB) |
|
PDF (BabV)
DAFTAR PUSTAKA-Haula Ajra Kamila-G1A018001-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Haula Ajra Kamila-G1A018001-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang : Jurusan Kedokteran Umum Fakultas Kedokteran Unsoed (Jurusan KU, FK Unsoed) menerapkan Multiple Choice Question (MCQ) sebagai salah satu bentuk penilaian hasil belajar akhir blok. Berdasarkan teori presage-process-product (3P), nilai MCQ sebagai salah satu faktor product dipengaruhi oleh faktor presage dan faktor process. Self-directed Learning Readiness (SDLR) sebagai salah satu faktor presage merupakan kesiapan dalam melakukan proses belajar mandiri atau self-directed learning (SDL). Mahasiswa tahun pertama yang tidak siap dalam melakukan SDL dapat mengalami kecemasan, frustasi dan kegagalan meraih prestasi yang diharapkan. Tujuan : Mengetahui adanya korelasi antara SDLR dengan nilai ujian MCQ mahasiswa tahun pertama Jurusan KU, FK Unsoed. Metode : Merupakan penelitian analitik observasional dengan rancangan belah lintang pada mahasiswa semester 1 Jurusan KU, FK Unsoed angkatan 2021 yang ditentukan secara total sampling dengan memperhatikan kriteria inklusi dan kriteria eksklusi. Data diambil menggunakan kuesioner SDLR berbahasa Indonesia, dengan format elektronik. Analisis data dengan uji korelasi Pearson dan tingkat kebermaknaan p<0,05. Hasil : Didapatkan data 122 mahasiswa (response rate sebesar 96,82%). Proporsi terbesar (32,8%) nilai ujian MCQ pada kategori D. Sebagian besar (54,9%) mahasiswa memiliki tingkat SDLR tinggi. Hasil uji korelasi Pearson mendapatkan nilai p=0,882 dengan nilai korelasi (r) berarah positif sebesar 0,014. Kesimpulan : Terdapat korelasi tidak signifikan dengan arah positif, serta kekuatan korelasi sangat lemah antara skor SDLR dengan nilai ujian MCQ mahasiswa tahun pertama Jurusan Kedokteran Umum FK Unsoed.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | G22010 |
Uncontrolled Keywords: | belajar mandiri, kesiapan belajar mandiri, penilaian hasil belajar |
Subjects: | A > A1 Abacus C > C716 Concept learning |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > S1 Pendidikan Dokter |
Depositing User: | Mrs Haula Ajra Kamila |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 08:12 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 08:12 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/12946 |
Actions (login required)
View Item |