Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Inovasi Layanan Aplikasi PLN Mobile di PT. PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Purwokerto (Studi Kasus di Kecamatan Purwokerto Timur)

LARISSA, Amanda Vita (2020) Inovasi Layanan Aplikasi PLN Mobile di PT. PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Purwokerto (Studi Kasus di Kecamatan Purwokerto Timur). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-AMANDA VITA LARISSA-F1B015095-SKRIPSI-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-AMANDA VITA LARISSA-F1B015095-SKRIPSI-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-AMANDA VITA LARISSA-F1B015095-SKRIPSI-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-AMANDA VITA LARISSA-F1B015095-SKRIPSI-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-AMANDA VITA LARISSA-F1B015095-SKRIPSI-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-AMANDA VITA LARISSA-F1B015095-SKRIPSI-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-AMANDA VITA LARISSA-F1B015095-SKRIPSI-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-AMANDA VITA LARISSA-F1B015095-SKRIPSI-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-AMANDA VITA LARISSA-F1B015095-SKRIPSI-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-AMANDA VITA LARISSA-F1B015095-SKRIPSI-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

PT. PLN (Persero) merupakan salah satu badan usaha milik negara yangmengontrol, menyediakan, dan melayani kebutuhan listrik masyarakat. Sehinggapelayanan dari pihak PLN sangat di perhatikan agar pelanggan listrik/ masyarakatdapat merasakan pelayanan yang berkualitas. Dari pelayanan tersebut, PLN tidakluput dari penurunan kualitas pelayanan untuk pelanggan, sesuai peraturanpemerintahan yang saat ini sedang menjalankan ke pemerintahan electronicgovernment (E-government) maka pihak PT. PLN membuat sebuah inovasi yaituAplikasi PLN Mobile. Aplikasi tersebut melayani fasilitas dari PLN tetapi di aksesdalam jarak jauh dan hanya satu genggaman (melalui handphone). Makadari itujudul penelitian yang peneliti ambil yaitu Inovasi Layanan Aplikasi PLN Mobiledi PT. PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Purwokerto (StudiKasus di Kecamatan Purwokerto Timur). Tujuan dari penelitian ini adalah untukuntukmelihat penerapan aplikasi PLN Mobile sebagai bentuk inovasi dari PT.PLN (Persero) pada pengguna listrik. Penelitian ini menggunakan Teori Inovasi dari Gebaurer et at., Prahalad& Ramaswamy yang berisi 5 (lima) penciptaan nilai dalam inovasi, terdiri dari:(1) keterlibatan pelanggan, (2) layanan mandiri, (3) pengalaman pelanggan, (4)pemecahan masalah, (5) co-designing. Kebaruan penelitian ini dengan penelitipenelitisebelumnyaterletakpadapemilihanlokasidanteoriyangdigunakan. Metode penelitian yang digunakan menggunakan Pendekatan KualitatifDeskriptif. Teknik pemilihan informan menggunakan purposive sampling, denganjumlah informan sebanyak 9 (sembilan) informan yang merupakan informan daripihak Kantor PT. PLN (Persero) UP3 Purwokerto dan pelanggan listrik. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa pelanggan listrik sebagian besar belum menikmatipelayanan melalui Aplikasi PLN Mobile, masih adanya ketidaktahuan masyarakatawam akan cara penggunaan Aplikasi PLN Mobile tersebut, maka terlihat bahwakurangnya sosialisasi atau penyebaran dari pihak PLN guna memaparkan carapenggunaan Aplikasi PLN Mobile kepada masyarakat Kota Purwokerto. Tetapidibalik itu pihak PLN terus meningkatkan fitur-fitur yang ada di dalam aplikasiuntuk menarik daya minat pelanggan listrik agar banyak yang menggunakanAplikasi PLN Mobile. Kesimpulan dan implikasi dari penelitian ini yaitu jika dari pihakpengguna aplikasi, mereka merasa puas dan terbantu untuk mendapatkaninformasi dari PLN Mobileserta dapat mengoperasikan aplikasi tersebut secaramandiri, tetapi kurangnya eksistensi dari PLN Mobile itu sendiri yang membuatbanyak pelanggan listrik belum menggunakan Aplikasi PLN Mobile. Dan inovasiAplikasi PLN Mobile tersebut belum memliki payung hukum untuk memperjelastujuannya, serta pihak PT. PLN (Persero) UP3 Purwokerto diharapkan dapatmeningkatkan frekuensi sosialisasinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F20047
Uncontrolled Keywords: inovasi, pelayanan publik, aplikasi PLN Mobile
Subjects: C > C1020 Customer services
P > P624 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Mrs Yayuk Khotiarsih
Date Deposited: 20 Jan 2022 01:52
Last Modified: 20 Jan 2022 01:52
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/12974

Actions (login required)

View Item View Item