Perempuan Berhijjab dan Perawatan Wajah (Studi tentang Perempuan Berhijjab yang Melakukan Perawatan Wajah di Beauty Center Purwokerto)

SETIYOWATI, Lilis (2020) Perempuan Berhijjab dan Perawatan Wajah (Studi tentang Perempuan Berhijjab yang Melakukan Perawatan Wajah di Beauty Center Purwokerto). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-LILIS SETIYOWATI-SKRIPSI-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS_F1A015007_LILIS SETIYOWATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Abtrak)
ABSTRAK-LILIS SETIYOWATI-F1A015007-SKRIPSI-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-LILIS SETIYOWATI-F1A015007-SKRIPSI-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-LILIS SETIYOWATI-F1A015007-SKRIPSI-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-LILIS SETIYOWATI-F1A015007-SKRIPSI-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-LILIS SETIYOWATI-F1A015007-SKRIPSI-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-LILIS SETIYOWATI-F1A015007-SKRIPSI-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR-PUSTAKA-LILIS SETIYOWATI-F1A015007-SKRIPSI-2020.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perempuan yang mengenakan hijjab saat ini bukan menjadi hal yang aneh lagi. Sekarang inidengan menggunakan hijjab perempuan dapat berpenampilan lebih stylish dan juga cantik.Munculnya tutorial hijab dan kecantikan di media membawa banyak perubahan. Kecantikan eratkaitannya dengan perempuan. Begitu juga dengan media dan kecantikan. Kecantikan perempuansaat ini digambarkan sebagai sosok yang memiliki kulit mulus, berbadan putih. Adanya persepsimasyarakat mengenai kecantikan perempuan saat ini, membawa dampak salah satunya banyakbermunculan klinik kecantikan atau beauty center yang merambah hampir di setiap kota ataudaerah. Saat ini para mahasiswa berhijjab banyak yang melakukan perawatan. Perempuan relamengeluarkan uang yang tidak cukup sedikit untuk melakukan perawatan. Penelitian ini hadiruntuk mendeskripsikan mahasiswa berhijjab yang melakukan perawatan wajah di beauty centerdi Purwokerto, sehingga peneliti tertarik untuk mengambil judul penelitian Perempuan Berhijabdan Perawatan Wajah (Studi Tentang Perempuan Berhijjab Yang Melakukan Perawatan Wajah diBeauty Center Purwokerto). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap dan mendeskripsikan pandangan mahasiswaberhijjab tentang hijjab, konsep cantik, dan perawatan wajah serta perawatan yang dilakukan olehmahasiswa berhijjab. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknikpengumpulan data yaitu wawancara mendalam sebanyak tiga informan utama dan tiga informanpendukung, dokumentasi, dan observasi. Teknik sampling yang digunakan adalah purposivesampling dengan kriteria mahasiswa perempuan UMP, IAIN dan UNSOED yang berhijjab danmelakukan perawatan wajah di beauty center di Purwokerto. Sumber data meliputi data primerdan data sekunder. Teknik analisis data adalah taksonomik dan domain. Hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswa saat ini beranggapan bahwa hijab sekarang inidianggap sebagai suatu kebutuhan bagi perempuan muslim. Dengan model yang beragam dandapat menjadikan mereka lebih cantik, anggun dan elegan. Konsep cantik seseorang dapat dilihatdari inner beauty dan outer beauty seseorang. Kecantikan seseorang harus seimbang antarakecantikan hati dengan fisik. Kecantikan fisik dapat dilakukan dengan cara merawat, salah satucaranya adalah melakukan perawatan wajah di beauty center. Berbagai jenis perawatan yangdilakukan perempuan berhijjab dengan mengeluarkan uang yang tidak sedikit, dengan tujuanuntuk menjadi lebih bersih, cantik, lebih percaya diri, dan menarik perhatian dari lawan jenis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F20100
Uncontrolled Keywords: Gaya hidup, Tutorial Hijab, Perawatan Wajah
Subjects: L > L230 Lifestyles
S > S372 Skin Care
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi
Depositing User: Mrs Yayuk Khotiarsih
Date Deposited: 21 Jan 2022 09:13
Last Modified: 21 Jan 2022 09:13
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/13186

Actions (login required)

View Item View Item