Strategi Brand Destination Pasar Kumandang sebagai Upaya Pembentukan Digital Destination di Kabupaten Wonosobo

PUTRA, Ibrahim Bramantia (2020) Strategi Brand Destination Pasar Kumandang sebagai Upaya Pembentukan Digital Destination di Kabupaten Wonosobo. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Ibrahim Bramantia Putra-F1C016015-Skripsi-2020.pdf

Download (125kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Ibrahim Bramantia Putra-F1C016015-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Ibrahim Bramantia Putra-F1C016015-Skripsi-2020.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I- Ibrahim Bramantia Putra-F1C016015-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II- Ibrahim Bramanttia Putra-F1C016015-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Ibrahim Bramantia Putra-F1C016015-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Ibrahim Bramantia Putra-F1C016015-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V- Ibrahim Bramantia Putra-F1C016015-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Ibrahim Bramantia Putra-F1C016015-Skripsi-2020.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Ibrahim Bramantia Putra-F1C016015-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran atau strategi brand destination dari Pasar Kumandang dalam membentuk digital destination di Wonosobo untuk berupaya meningkatkan jumlah kunjungan, serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pengelolaan Pasar Kumandang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknis pemilihan informan secara purposive sampling. Dalam mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang ada dianalisis dengan menggunakan model analisis SWOT dan Komponen 4a (Attraction, Accessibility, Amenity, dan Ancillarry). Secara garis besar hasil Penelitian ini menunjukan bahwa ada beberapa strategi yang bisa digunakan Pasar Kumandang, yaitu dengan mengoptimalkan daya tarik atau kegiatan wisata, dapat memaksimalkan seluruh bentuk kegiatan wisata, melakukan koordinasi lebih baik dengan berbagai pihak. Serta memaksimalkan kegiatan promosi, yang bertujuan untuk memberikan penilaian positif. Dari penelitian ini dapat ditemukan faktor pendukung dalam pengelolaan Pasar Kumandang, yaitu didukung oleh semangat dari masyarakat sekitar, memiliki fasilitas yang memadai untuk memenuhi kebutuhan pengunjung, dan konsep yang berbudaya dan berbasis lingkungan. Faktor penghambatnya adalah kurangnya dana untuk memperbarui beberapa fasilitas yang sudah usang, tidak adanya perhatian dari pemerintah setempat, kekurangan Sumber Daya Manusia, dan kurang mengoptimalkan promosi di media sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F20324
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Brand Destination, Digital Destination
Subjects: C > C1009 Cultural tourism
C > C631 Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mrs PKL Sekar
Date Deposited: 31 Jan 2022 02:50
Last Modified: 31 Jan 2022 02:50
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/13364

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year