Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja, dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Pegawai di Badan Pusat Statistik Kabupaten Banyumas

HERIMAN, Adinullah (2020) Pengaruh Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja, dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Pegawai di Badan Pusat Statistik Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-ADINULLAH HERIMAN-F1B014062-skripsi-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Adinulah Heriman-F1B014062-skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Adinullah Heriman-F1B014062-skripsi-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Adinullah Heriman-F1B014062-skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Adinullah Heriman-F1B014062-skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Adinullah Heriman-F1B014062-skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Adinullah Heriman-F1B014062-skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Adinullah Heriman-F1B014062-skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR-PUSTAKA-Adinullah Heriman-F1B014062-skripsi-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Adinullah Heriman-F1B014062-skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian dengan objek motivasi kerja, lingkungan kerja, dan budayaorganisasi ini penting untuk diteliti karena kinerja tidak lepas dari aspek yangmempengaruhinya termasuk ketiga variabel tersebut, termasuk bagi aparaturBadan Pusat Statistik (BPS) Banyumas selaku penyelenggara pelayanan publikyang memiliki tugas dalam memberi pelayanan. Kinerja yang ada saat ini belumdidukung dengan proses kerja yang kurang baik seperti absensi yang masih tinggi.Berdasarkan kondisi tersebut, judul penelitian ini adalah “Pengaruh MotivasiKerja, Lingkungan Kerja, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai diBadan Pusat Statistik Kabupaten Banyumas” bertujuan (1) mengetahui pengaruhmotivasi kerja terhadap kinerja; (2) mengetahui pengaruh lingkungan kerjaterhadap kinerja; (3) mengetahui pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja;dan (4) mengetahui pengaruh motivasi kerja, lingkungan dan budaya organisasisecara bersama-sama terhadap kinerja pegawai BPS Banyumas. Sasaran penelitian ini adalah pegawai BPS Banyumas dengan 50responden. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survei, dengandukungan data primer dan sekunder selama proses penelitian. Teknik analisisyang digunakan yaitu uji validitas dan reliabilitas, korelasi kendall tau,konkordansi kendall W dan regresi ordinal. Hasil analisis secara kuantitatif dalam penelitian ini menunjukkan (1)terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi kerja terhadapkinerja. (2); terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan kerjaterhadap kinerja. (3); terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara budayaorganisasi terhadap kinerja, dan (4) terdapat pengaruh yang positif dan signifikanantara motivasi kerja, lingkungan kerja dan budaya organisasi terhadap kinerjapegawai BPS Banyumas.Hasil penelitian tentang pengaruh dari motivasi kerja, lingkungan kerjadan budaya organisasi terhadap kinerja pegawai, dapat diberikan beberapaimplikasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja pegawai yaitumotivasi menjadi bagian penting pegawai dalam bekerja, karenanya penguatanmotivasi perlu dilakukan oleh organisasi. Lingkungan kerja yang sesuaikeinginan pegawai tentu saja memberikan rasa nyaman dalam bekerja yang pada akhirnya mampu menjadikan pegawai bekerja sebagaimana mestinya. Pengkondisian lingkungan kerja oleh organisasi dapat dilakukan dengan berusahamemperhatikan serta memenuhi kebutuhan fasilitas kerja pegawai, diantaranyadengan melakukan peningkatan kerja sistem komputer yang biasa digunakan olehpegawai. Penguatan budaya organisasi yang positif perlu diupayakan olehorganisasi, mengingat ritme kerja organisasi sangatlah kompleks, menyangkutaspek hubungan dengan keakuratan data.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F20299
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Lingkungan Kerja, Budaya Organisasi dan Kinerja
Subjects: E > E221 Employees
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Mrs Yayuk Khotiarsih
Date Deposited: 03 Feb 2022 08:18
Last Modified: 03 Feb 2022 08:18
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/13397

Actions (login required)

View Item View Item