Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Metode Pembelajaran dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pjok di SMA Negeri 3 Purwokerto

ALFANDI, Ardina Afit (2020) Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Metode Pembelajaran dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pjok di SMA Negeri 3 Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Ardina Afit Alfandi-I1E016038-SKRIPSI-FIKES-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Ardina Afit Alfandi-I1E016038-SKRIPSI-FIKES-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Ardina Afit Alfandi-I1E016038-SKRIPSI-FIKES-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Ardina Afit Alfandi-I1E016038-SKRIPSI-FIKES-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Ardina Afit Alfandi-I1E016038-SKRIPSI-FIKES-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Ardina Afit Alfandi-I1E016038-SKRIPSI-FIKES-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Ardina Afit Alfandi-I1E016038-SKRIPSI-FIKES-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Ardina Afit Alfandi-I1E016038-SKRIPSI-FIKES-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Ardina Afit Alfandi-I1E016038-SKRIPSI-FIKES-2020.pdf

Download (139kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Ardina Afit Alfandi-I1E016038-SKRIPSI-FIKES-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)

Abstract

Latar Belakang: Persepsi merupakan kesan yang diperoleh oleh individu melalui panca indera kemudian dianalisa, diintepretasi dan kemudian dievaluasi, sehingga individu tersebut memperoleh makna. Metode pembelajaran adalah cara-cara yang dipakai oleh pendidik untuk membimbing berdasarkan kemampuan masing-masing peserta didik ke arah tujuan yang hendak dicapai. Tujuan pembelajaran dapat tercapai menggunakan alternatif dengan menerapkan proses pembelajaran PAIKEM yang akan memunculkan suatu persepsi siswa pada proses pembelajaran. Persepsi merupakan proses penilaian yang dilaksanakan oleh suatu individu dengan cara pemberian suatu tanggapan dari suatu subjek/ objek yang akan dinilai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang metode pembelajaran dengan hasil belajar pada mata pelajaran PJOK di SMA Negeri 3 Purwokerto. Metodologi: Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional, yaitu untuk mencari hubungan antara variabel bebas persepsi siswa tentang metode pembelajaran dengan variabel terikat hasil belajar PJOK siswa. Sampel pada penelitian ini berjumlah 88 siswa SMA Negeri 3 Purwokerto. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi ganda. Hasil Penelitian: Hasil analisis data yang diperoleh menggunakan uji korelasi ganda, menunjukkan nilai dari f hitung > f tabel yaitu sebesar 4,622 > 3,10 dengan nilai probabilitas sebesar 0,002. Kesimpulan: Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang metode pembelajaran dengan hasil belajar pada mata pelajaran PJOK di SMA Negeri 3 Purwokerto.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: I20170
Uncontrolled Keywords: Proses belajar, persepsi, metode pembelajaran, hasil belajar.
Subjects: C > C716 Concept learning
Divisions: Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Users 4080 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2022 04:42
Last Modified: 22 Mar 2022 04:42
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/13932

Actions (login required)

View Item View Item