Analisis Perilaku Konsumen dalam Keputusan Membeli Tanaman Hias Anggrek Melalui Media Sosial “Facebook”

PRASETYO, Junardi Dwi (2020) Analisis Perilaku Konsumen dalam Keputusan Membeli Tanaman Hias Anggrek Melalui Media Sosial “Facebook”. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Junardi Dwi Prasetyo-P2D018004-Tesis-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Junardi Dwi Prasetyo-P2D018004-Tesis-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Junardi Dwi Prasetyo-P2D018004-Tesis-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Junardi Dwi Prasetyo-P2D018004-Tesis-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Junardi Dwi Prasetyo-P2D018004-Tesis-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Junardi Dwi Prasetyo-P2D018004-Tesis-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Junardi Dwi Prasetyo-P2D018004-Tesis-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Junardi Dwi Prasetyo-P2D018004-Tesis-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Junardi Dwi Prasetyo-P2D018004-Tesis-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Junardi Dwi Prasetyo-P2D018004-Tesis-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Anggrek termasuk keluarga Orchidaceae, sebagian besar keragamannya berpusat di kawasan tropis dan subtropis. Setiap tahunnya dihasilkan jenis-jenis bunga anggrek baru yang belum ada sebelumnya. Anggrek mempunyai banyak penggemar atau konsumen didalam negeri atau luar negeri, sehingga anggrek mempunyai nilai ekonomi yang tinggi dan harga yang stabil. Luas panen anggrek, produksi anggrek dan produktivitas setiap tahunnya meningkat tetapi jumlah ekspor anggrek menurun, menunjukkan hasil budidaya petani banyak dijual di pasar dalam negeri. Hal ini menunjukkan bahwa anggrek berpotensi untuk dibudidayakan, pasar anggrek masih terbuka lebar di dalam negeri dan luar negeri. Pada awalnya tanaman hias anggrek dipasarkan secara langsung, yaitu konsumen datang digreenhouse petani dan secara face to face bertransaksi. Dalam perkembangannya media sosial facebook digunakan menjadi sarana jual beli tanaman anggrek. Media sosial Facebook mampu mempengaruhi perilaku konsumen terhadap keputusan membeli langsung menjadi menggunakan facebook. Berdasarkan latar belakang diatas, maka tujuan penelitian adalah 1) mengidentifikasi karakteristik konsumen tanaman hias anggrek di media sosial facebook, 2) mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung faktor kebudayaan, faktorsosial, faktor psikologis dan faktor pribadi terhadap keputusan membeli tanaman hias anggrek di media sosial facebook dan 3) mengetahui faktor perilaku konsumen yang dominan terhadap keputusan membeli tanaman hias anggrek di media sosial facebook. Metode dalam penelitian menggunakan metode deskriptif, lokasi penelitian adalah semua konsumen yang melakukan pembelian tanaman hias anggrek melalui media sosial facebook di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pengambilan data penelitian dilaksanakan pada bulan Maret-April 2020 dan terdapat 133 konsumen. Teknik pengambilan sampling digunakan teknik non probability sampling, penentuan responden (sampel) dilakukan melalui metode purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian menyatakan bahwa karakteristik konsumen tanaman hias anggrek yang membeli melalui media sosial facebook termasuk kebutuhan rutin yang dibeli setiap bulan. Faktor perilaku konsumen dalam membeli tanaman hias anggrek melalui media sosial facebook hanya dipengaruhi oleh faktor internal yaitu faktor pribadi dan psikologi. Sedangkan faktor eksternal kebudayaan dan sosial tidak berpengaruh terhadap keputusan membeli tanaman hias anggrek baik secara langsung maupun tidak langsung. Faktor pribadi memiliki pengaruh total 0,125 atau 12,5 % dan Faktor Psikologi memiliki pengaruh total 0,182 atau 18,2 % terhadap keputusan pembelian tanaman hias anggrek melalui media sosial facebook. Faktor psikologis menjadi faktor yang dominan terhadap keputusan membeli tanaman hias anggrek melalui media sosial facebook.

Item Type: Thesis (Masters)
Nomor Inventaris: P20050
Uncontrolled Keywords: Perilaku Konsumen,Keputusan Membeli, Tanaman Hias, Anggrek Media Sosial
Subjects: H > H271 House plants
P > P668 Purchasing
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Agribisnis
Depositing User: Mrs Yayuk Khotiarsih
Date Deposited: 22 Feb 2022 07:45
Last Modified: 22 Feb 2022 07:45
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/14235

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year