Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Persepsi Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pasien melalui Pengalaman Pasien di Unit Pelayanan Umum RSGM Unsoed Purwokerto

PRAMUDYANASWARI, Puspaningdyah (2022) Pengaruh Persepsi Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pasien melalui Pengalaman Pasien di Unit Pelayanan Umum RSGM Unsoed Purwokerto. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Puspaningdyah Pramudyanaswari-C2C019034-Thesis-2022.pdf

Download (52kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Puspaningdyah Pramudyanaswari-C2C019034-Thesis-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Puspaningdyah Pramudyanaswari-C2C019034-Thesis-2022.pdf

Download (65kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Puspaningdyah Pramudyanaswari-C2C019034-Thesis-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Puspaningdyah Pramudyanaswari-C2C019034-Thesis-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (829kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Puspaningdyah Pramudyanaswari-C2C019034-Thesis-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Puspaningdyah Pramudyanaswari-C2C019034-Thesis-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (998kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Puspaningdyah Pramudyanaswari-C2C019034-Thesis-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Puspaningdyah Pramudyanaswari-C2C019034-Thesis-2022.pdf

Download (422kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Puspaningdyah Pramudyanaswari-C2C019034-Thesis-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (976kB)

Abstract

Latar belakang : Seiring berkembangnya rumah sakit yang ada di Indonesia semakin tahun mengalami peningkatan seiring dengan kemudahan pada berbagai pihak untuk berperan serta dalam membangun fasilitas-fasilitas pelayanan kesehatan dengan meningkatkan cakupan dan mutu pelayanan kesehatan bagi setiap pengguna jasa pelayanan di rumah sakit. Dalam meningkatkan pelayanan jasa kesehatan yang berkualitas harus mengetahui apa saja yang diinginkan dan menjadi harapan pasien agar pasien merasakan puas sehingga pasien akan datang kembali apabila ada keluhan yang dirasakan. Loyalitas konsumen sangatlah penting di era sekarang ini khususnya loyalitas pasien dalam rumah sakit. Untuk mendapatkan loyalty intention pasien, rumah sakit harus memperhatikan pengalaman positif yang dirasakan pasien. Pengalaman pasien ini dipengaruhi oleh petunjuk sensorik ataupun emosional yang dibangkitkan melalui persepsi kualitas pelayanan yang nantinya akan berpengaruh terhadap keloyalitasan pasien sehingga menyebabkan pasien akan berniat kembali menggunakan jasa pelayanan yang ada di rumah sakit tersebut. Kualitas pelayanan yang baik maka akan semakin tinggi tingkat konsumen untuk kembali menggunakan pelayanan tersebut atau konsumen memiliki komitmen yang kuat untuk berniat kembali terhadap jasa pelayanan di masa datang. Tujuan : Untuk mengetahui pengaruh positif persepsi kualitas pelayanan dengan loyalitas pasien melalui pengalaman pasien di Unit Pelayanan Umum RSGM Unsoed Purwokerto Metode Penelitian : Penelitian menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan desain yang digunakan adalah cross sectional. Ukuran sampel berjumlah 104 orang pasien dan 42 orang tenaga medis. Pengambilan data menggunakan kuisioner sedangkan analisis data menggunakan Structural Equation Model (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS) Hasil : Persepsi kualitas pelayanan memiliki hubungan positif terhadap pengalaman pasien dalam menggunakan jasa pelayanan di rumah sakit, persepsi kualitas pelayanan memiliki hubungan positif terhadap loyalitas pasien di dalam rumah sakit, dan persepsi kualitas pelayanan memiliki hubungan positif terhadap loyalitas pasien melalui pengalaman pasien dalam mendapatkan pelayanan di rumah sakit. Kesimpulan : Persepsi kualitas pelayanan berhubungan terhadap pengalaman pasien dan loyalitas pasien. Persepsi kualitas pelayanan berhubungan terhadap loyalitas pasien melalui pengalaman pasien di Unit Pelayanan Umum RSGM Unsoed Purwokerto

Item Type: Thesis (Masters)
Nomor Inventaris: P222021
Uncontrolled Keywords: Persepsi Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pasien, dan Pengalaman Pasien
Subjects: C > C1020 Customer services
H > H250 Hospitals
P > P103 Patients
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen
Depositing User: Mrs Puspaningdyah Pramudyanaswari
Date Deposited: 14 Feb 2022 03:55
Last Modified: 14 Feb 2022 03:55
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/14307

Actions (login required)

View Item View Item