Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Karakteristik Guru Efektif dan Kualitas Layanan Terhadap Kepercayaan dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Siswa SMA Negeri 4 Purwokerto

DEWI, Saraswati (2021) Pengaruh Karakteristik Guru Efektif dan Kualitas Layanan Terhadap Kepercayaan dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Siswa SMA Negeri 4 Purwokerto. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Saraswati Dewi-C2C019027-Tesis-2022.pdf

Download (84kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Saraswati Dewi-C2C019027-Tesis-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (787kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Saraswati Dewi-C2C019027-Tesis-2022.pdf

Download (126kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Saraswati Dewi-C2C019027-Tesis-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Saraswati Dewi-C2C019027-Tesis-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Saraswati Dewi-C2C019027-Tesis-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Saraswati Dewi-C2C019027-Tesis-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Saraswati Dewi-C2C019027-Tesis-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Saraswati Dewi-C2C019027-Tesis-2022.pdf

Download (208kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Saraswati Dewi-C2C019027-Tesis-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (981kB)

Abstract

Sekolah merupakan sarana bagi siswa untuk mengekspresikan harapan dan keinginan dalam urusan pendidikan. Melalui layanan pengajaran oleh guru, layanan administrasi serta layanan akademik lainnya yang mendukung jalannya pembelajaran serta kemajuan pendidikan disediakan oleh sekolah demi melayani kebutuhan siswa. Namun, adanya pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia, berdasarkan pada Surat Edaran Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Nomor 965/932 pertanggal 17 Maret 2020 memaksa guru tidak bertemu secara fisik dengan siswa dengan tujuan untuk menghindari persebaran virus Corona, akan tetapi layanan guru dan layanan pendidikan lain harus terus berjalan dan sampai kepada siswa. Siswa adalah pelanggan pendidikan. Kepuasan siswa merupakan hal yang sangat penting dan menjadi perhatian bagi sekolah. Kepuasan siswa terhadap layanan sekolah tergantung pada bagaimana karakteristik guru dalam mengelola pembelajaran yang efektif dan bagaimana faktor kualitas layanan sekolah lainnya dalam memainkan perannya dalam pelayanan terhadap siswa. Karakteristik guru efektif dan kualitas layanan berpengaruh terhadap tingkat kepercayaan siswa. Kepercayaan siswa yang tinggi terhadap sekolah berdampak pula pada tingkat kepuasan siswa yang tinggi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh karakteristik guru efektif dan kualitas layanan terhadap kepercayaan dan dampaknya terhadap kepuasan siswa SMA Negeri 4 Purwokerto. Sampel yang digunakan untuk penelitian adalah siswa kelas XII angkatan 2020/2021 sejumlah 100 siswa dengan metode pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan melalui google form. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan alat analisis PLS-SEM. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil variabel karakteristik guru efektif dan kualitas layanan berpengaruh positif terhadap kepercayaan, karakteristik guru efektif dan kualitas layanan berpengaruh positif terhadap kepuasan siswa, karakteritik guru efektif dan kualitas layanan berpengaruh positif terhadap kepuasan siswa melalui kepercayaan. Dengan demikian implikasi manajerial yang dapat dilakukan berdasarkan penelitian ini yaitu jika sekolah ingin meingkatkan kepuasan siswa maka tingkat kepercayaan siswa terhadap sekolah ditingkatkan. Di lain sisi tingkat kepercayaan siswa dapat tinggi dipengaruhi oleh karakteristik guru efektif dan kualitas layanan sekolah terhadap siswa juga tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Nomor Inventaris: P222027
Uncontrolled Keywords: Karakteristik guru efektif, kualitas layanan, kepercayaan, kepuasan siswa
Subjects: C > C1020 Customer services
S > S764 Student evaluation of teachers
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen
Depositing User: Mrs SARASWATI DEWI
Date Deposited: 15 Feb 2022 04:56
Last Modified: 15 Feb 2022 04:56
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/14413

Actions (login required)

View Item View Item