Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelesaian Aduan Pada Lapak Aduan Banyumas

ALLDILA, Anisa (2022) Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelesaian Aduan Pada Lapak Aduan Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-ANISA ALLDILA ARTHAVIANA-F1B017107-TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PENYELESAIAN ADUAN PADA LAPAK ADUAN BANYUMAS-2022.pdf

Download (771kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-ANISA ALLDILA ARTHAVIANA-F1B017107-TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PENYELESAIAN ADUAN PADA LAPAK ADUAN BANYUMAS-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAKSI-ANISA ALLDILA ARTHAVIANA-F1B017107-TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PENYELESAIAN ADUAN PADA LAPAK ADUAN BANYUMAS-2022.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
BAB I -ANISA ALLDILA ARTHAVIANA-F1B017107-TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PENYELESAIAN ADUAN PADA LAPAK ADUAN BANYUMAS-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] PDF (BabII)
BAB II -ANISA ALLDILA ARTHAVIANA-F1B017107-TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PENYELESAIAN ADUAN PADA LAPAK ADUAN BANYUMAS-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III -ANISA ALLDILA ARTHAVIANA-F1B017107-TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PENYELESAIAN ADUAN PADA LAPAK ADUAN BANYUMAS-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV -ANISA ALLDILA ARTHAVIANA-F1B017107-TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PENYELESAIAN ADUAN PADA LAPAK ADUAN BANYUMAS-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V -ANISA ALLDILA ARTHAVIANA-F1B017107-TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PENYELESAIAN ADUAN PADA LAPAK ADUAN BANYUMAS-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-ANISA ALLDILA ARTHAVIANA-F1B017107-TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PENYELESAIAN ADUAN PADA LAPAK ADUAN BANYUMAS-2022.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-ANISA ALLDILA ARTHAVIANA-F1B017107-TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PENYELESAIAN ADUAN PADA LAPAK ADUAN BANYUMAS-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Lapak Aduan Banyumas dapat dikatakan sebagai layanan interaktif yang diciptakan sebagai upaya dari pengembangan E-Government yang berupa layanan terpadu satu pintu untuk menjembatani masyarakat dan 65 OPD/Instansi di Kabupaten Banyumas. Lapak Aduan Banyumas merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten Banyumas dalam melayani publik. Melalui program ini Pemerintah Kabupaten Banyumas mencoba terbuka kepada masyarakat dengan cara menindak lanjuti dan menangani masyarakat yang mengadu, dengan harapan partisipasi masyarakat dapat hidup untuk menjadikan Banyumas yang maju, adil, makmur, dan mandiri. Oleh sebab itu, pengukuran kepuasan masyarakat terhadap penyelesaian aduan pada Lapak Aduan Banyumas merupakan elemen yang penting dalam proses evalusi kinerja dan program layanan Lapak Aduan Banyumas. Dari pengukuran kepuasan masyarakat terhadap penyelesaian Lapak Aduan Banyumas akan diketahui masalah yang diadukan terselesaikan dengan baik dan memuaskan dari sisi pembuat aduan, masalah yang diadukan terselesaikan tetapi kurang memuaskan, dan masalah yang diadukan belum dapat terselesaikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat pada layanan Lapak Aduan Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan pendekatan survei. Pada penelitian ini, teknik sampling yang digunakan yaitu random sampling. Peneliti mendasarkan populasi pada penelitian ini menggunakan masyarakat yang mengadu di Lapak Aduan Banyumas tahun 2018,2019,dan 2020 berjumlah 17.863 populasi. Berdasarkan perhitungan dengan rumus slovin jumlah sampel terhitung 99,44 yang dibulatkan menjadi 100 responden dengan margin eror 10% dengan derajat kepercayaan 90%. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Fokus pada penelitian ini adalah analisis data menggunakan teknik indeks. Pada penelitian ini pengujian validitas dilakukan dengan cara mengorelasi skor butir dengan skor total menggunakan Korelasi Product Moment dengan r_tabel lebih dari 0,198 dinyatakan valid. Adapun dasar pengambilan keputusan dalam uji reliabilitas penelitian ini adalah nilai Cronbach’s alpha > 0,60 dinyatakan reliabel. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap penyelesaian aduan pada Lapak Aduan Banyumas memperoleh hasil sebesar 85,75 dengan mutu pelayanan A yang berada pada level kategori SANGAT BAIK atau SANGAT MEMUASKAN karena berada pada nilai interval konversi 81,26-100,00. Tingkat kepuasan masyarakat terhadap penyelesaian aduan pada Lapak Aduan Banyumas dinilai berdasarkan 4 kategori yaitu teratasinya keluhan atau tidak (proses pengajuan), penyelesaian masalah secara memuaskan, dan kesesuaian harapan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F22054
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Masyarakat, Lapak Aduan Banyumas, Penanganan Keluhan.
Subjects: P > P647 Public service commissions
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: Mrs Anisa Alldila Arthaviana
Date Deposited: 16 Feb 2022 07:18
Last Modified: 16 Feb 2022 07:18
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/14458

Actions (login required)

View Item View Item