ORASI, Ifentigo Nalika (2022) Makna Perempuan dalam Iklan Shopee 11.11 Big Sale Nikmati COD Gratis Tanpa Minimum Ongkir. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Ifentigo Nalika Orasi-F1C017080-Skripsi-2022.pdf Download (458kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Ifentigo Nalika Orasi-F1C017080-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (708kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Ifentigo Nalika Orasi-F1C017080-Skripsi-2022.pdf Download (449kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Ifentigo Nalika Orasi-F1C017080-SKRIPSI-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (718kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Ifentigo Nalika Orasi-F1C017080-SKRIPSI-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (809kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Ifentigo Nalika Orasi-F1C017080-SKRIPSI-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (611kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Ifentigo Nalika Orasi-F1C017080-SKRIPSI-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Ifentigo Nalika Orasi-F1C017080-SKRIPSI-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (604kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR-PUSTAKA-Ifentigo Nalika Orasi-F1C017080-SKRIPSI-2022.pdf Download (584kB) |
Abstract
Perkembangan era digital yang cukup pesat saat ini, media kini hadir seakan menjadi bagian dari hidup manusia. Awalnya komunikasi dalam media berjalan hanya searah, dalam arti penikmat media hanya bisa menikmati konten yang disajikan sumber media. Namun seiring perkembangan jaman, orang awam sebagai penikmat media tidak lagi hanya bisa menikmati konten dari media yang terpapar padanya, namun sudah bisa ikut serta mengisi konten di media tersebut. Iklan merupakan salah satu bentuk dari perkembangan digital yaitu iklan melalui media sosial. Salah satu iklan yang menjadi sorotan hingga mendapatkan petisi yang ditandatangani oleh 10.000 orang adalah iklan Shopee Big Sale 11.11 tahun 2020. Penelitian ini bertujuan untuk makna denotasi, makna konotasi dan makna mitos yang terkandung dalam iklan Shopee Big Sale 11.11. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan semiotika. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi karena sumber data merupakan non manusia. Hasil penelitian menemukan bahwa iklan Shopee Big Sale 11.11 mengandung makna denotasi tarian yang ditampilkan serta gesture tarian menunjukan angka 11, lalu makna konotasi yang terdapat dalam penelitian ini tarian yang ditampilkan perempuan sangat energik dibandingkan dengan tarian yang dilakukan model laki-lakinya, terakhir mitoas yang terdapat dalam penelitian ini adalah perempuan dianggap menarik jika menggunakan pakaian mini serta perempuan berada di belakang model laki-laki yang mengkomando gerakan dalam iklan Shopee Big Sale 11.11
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F22074 |
Uncontrolled Keywords: | Makna Perempuan, Semiotika, Roland Barthes |
Subjects: | A > A74 Advertising W > W170 Women |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Mrs Ifentigo Nalika Orasi |
Date Deposited: | 24 Feb 2022 02:04 |
Last Modified: | 24 Feb 2022 02:04 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/14737 |
Actions (login required)
View Item |