Studi Kemunduran Mutu dan Pendugaan Umur Simpan Yoghurt Jagung Manis-Kacang Hijau pada Berbagai Kemasan dengan Metode ASLT Pendekatan Arrhenius

MUTHMAINNAH, Muthmainnah (2016) Studi Kemunduran Mutu dan Pendugaan Umur Simpan Yoghurt Jagung Manis-Kacang Hijau pada Berbagai Kemasan dengan Metode ASLT Pendekatan Arrhenius. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (917kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (908kB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (908kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (903kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Yoghurt merupakan susu fermentasi yang dihasilkan dengan bantuan Bakteri Asam Laktat (BAL). Modifikasi yoghurt berbahan dasar jagung manis dengan penambahan kacang hijau adalah salah satu contoh diversifikasi yang dapat disejajarkan dengan produk yoghurt komersial lainnya. Upaya tersebut dapat didukung dengan melakukan perbaikan formulasi hingga penentuan masa kadaluarsa dan penggunaan jenis pengemas yang cocok berdasar produk komersial yang sudah ada di pasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui kinetika kemunduran mutu yoghurt jagung manis-kacang hijau pada berbagai jenis kemasan. (2) memperkirakan umur simpan yoghurt jagung manis- kacang hijau yang disimpan pada berbagai jenis kemasan. Yoghurt jagung manis-kacang hijau yang dihasilkan disimpan pada 3 suhu penyimpanan (5oC, 10oC dan 15oC) dan 3 jenis kemasan (plastik PET berbentuk botol, plastik PP berbentuk cup dan gelas berbentuk botol). Analisis kimia, fisik dan sensoris dilakukan setiap penyimpanan hari-7 selama 21 hari penyimpanan. Data kemunduran mutu yoghurt jagung manis-kacang hijau ditetapkan umur simpannya menggunakan metode ASLT model Arrhenius. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemunduran mutu dari variabel fiskokimia yoghurt jagung manis-kacang hijau pada berbagai kemasan yaitu pada minggu pertama viskositas dan kadar protein total menurun kemudian meningkat hingga minggu ketiga penyimpanan. Berbeda halnya dengan variabel pH dan total asam tertitrasi yang cenderung meningkat serta variabel total padatan terlarut yang cenderung konstan selama penyimpanan. Untuk variabel sensoris (warna, aroma yoghurt, rasa asam, dan kesukaan), rata-rata penilaian panelis cenderung menurun seiring dengan lamanya waktu penyimpanan. Yoghurt jagung manis- kacang hijau yang disimpan pada kemasan plastik PET berbentuk botol memiliki umur simpan yaitu 22 hari, 18 hari dan 14 hari berturut-turut pada suhu 5 oC,10 oC dan 15 oC. Hasil ini tidak berbeda jauh nilainya dengan yoghurt jagung manis- kacang hijau yang disimpan pada kemasan gelas berbentuk botol yakni 20 hari, 17 hari dan 14 hari berturut-turut pada suhu 5 oC,10 oC dan 15 oC Sedangkan penyimpanan yoghurt jagung manis-kacang hijau pada kemasan plastik PP berbentuk cup lebih rendah dari kedua jenis kemasan yakni 16 hari, 13 hari dan 10 hari berturut-turut pada suhu 5 oC,10 oC dan 15 oC.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A16234
Uncontrolled Keywords: Kemasan Minuman, Analisis Makanan
Subjects: F > F244 Food Analysis
P > P6 Packaging
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Ilmu dan Teknologi Pangan
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 04 Apr 2022 06:23
Last Modified: 04 Apr 2022 06:23
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15389

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year