Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Warna Kemasan terhadap Kualitas Bengkuang (Pachyrrhizus erosus) Selama Penyimpanan dengan Menggunakan Kertas Wajik

PUSPITASARI, Desi (2016) Pengaruh Warna Kemasan terhadap Kualitas Bengkuang (Pachyrrhizus erosus) Selama Penyimpanan dengan Menggunakan Kertas Wajik. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (917kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (951kB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (997kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (986kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tanaman bengkuang (Pachyrrhizus erosus) dikenal baik oleh masyarakat karena merupakan tanaman yang tidak bermusim dan mudah dicari dengan harga yang terjangkau. Bengkuang jenis gajah banyak ditanam di Indonesia dikarenakan umur tanamnya yang singkat yaitu 4 bulan. Bengkuang sebagai komoditas holtikultura, pada umumnya memiliki sifat mudah rusak karena mengandung banyak air dan setelah dipanen komoditas ini masih mengalami proses hidup. Bengkuang harus mendapatkan teknologi pascapanen yang tepat agar dapat mempertahankan kesegaran sekaligus umur simpannya dapat bertahan lama. Warna merupakan salah satu parameter mutu buah paling penting bagi konsumen, untuk itu warna bengkuang perlu dipertahankan salah satunya dengan cara pengemasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh warna kemasan terhadap kualitas bengkuang dalam mempertahankan warna, kadar air, kadar brix, kekerasan, dan vitamin C selama penyimpanan serta mengetahui kemasan terbaik untuk mempertahankan kualitas bengkuang selama penyimpanan. Perlakuan yang digunakan yaitu mengemas bengkuang dengan menggunakan kemasan yang terbuat dari kertas wajik 2 lapis dengan 4 macam warna yaitu merah (P1), kuning (P2), hijau (P3), biru (P4) dan tanpa kemasan (P0) masing-masing perlakuan dilakukan 3 kali ulangan. Penyimpanan dilakukan selama 10 hari pada suhu ruang. Variabel yang diamati dan diukur adalah warna, kadar air, kadar brix, kekerasan dan kandungan vitamin C. Jumlah sampel 105 buah. Data perubahan mutu dianalisa menggunakan persamaan kinetika reaksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bengkuang yang dikemas dengan kemasan warna merah dua lapis (P1) dapat mempertahankan kualitas bengkuang seperti memiliki laju penurunan paling rendah pada warna, kadar air, dan vitamin C serta memiliki nilai kadar brix yang tinggi pada hari ke-10 penyimpanan. Sedangkan untuk mempertahankan kekerasan bengkuang selama penyimpanan dapat dipertahankan pada kemasan warna biru dua lapis (P4).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A16244
Uncontrolled Keywords: Pasca Panen, Kemasan Buah
Subjects: F > F413 Fruit Preservation
P > P6 Packaging
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Teknik Pertanian
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 05 Apr 2022 06:31
Last Modified: 05 Apr 2022 06:31
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15401

Actions (login required)

View Item View Item