Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Warna Kemasan terhadap Kualitas Jeruk Siam (Citrus Nobilis Var. Microcarpa) Selama Penyimpanan dengan Menggunakan Kertas Wajik

SARI, Putri Permata (2016) Pengaruh Warna Kemasan terhadap Kualitas Jeruk Siam (Citrus Nobilis Var. Microcarpa) Selama Penyimpanan dengan Menggunakan Kertas Wajik. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (904kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (907kB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (912kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (901kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Jeruk siam (Citrus nobilis var. microcarpa) termasuk buah yang memiliki harga terjangkau dan memiliki cita rasa yang manis dan segar sehingga banyak disukai oleh konsumen. Buah jeruk siam pada umumnya memiliki sifat mudah rusak karena mengandung banyak air dan setelah dipanen komoditas ini masih mengalami proses hidup. Buah jeruk harus mendapatkan penanganan pascapanen yang tepat agar kesegaran dan umur simpannya dapat bertahan lama. Warna merupakan salah satu parameter mutu buah paling penting bagi konsumen, untuk itu warna jeruk siam perlu dipertahankan salah satunya dengan cara pengemasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemasan terhadap perubahan warna, kekerasan, kadar brix, kadar air, dan kandungan vitamin C pada buah jeruk siam selama penyimpanan, dan untuk mengetahui kemasan terbaik untuk mempertahankan mutu buah jeruk siam. Perlakuan yang digunakan yaitu mengemas jeruk siam dengan menggunakan kemasan yang terbuat dari kertas wajik 2 lapis berwarna merah (P1), kuning (P2), hijau (P3), biru (P4), dan tanpa kemasan (P0) masing-masing perlakuan dilakukan 3 kali ulangan. Variabel yang diamati dan diukur yaitu warna, kekerasan, kadar brix, kadar air, dan kandungan vitamin C. Penyimpanan dilakukan selama 10 hari pada suhu ruang dengan kelembaban relatif berkisar 7084%. Data perubahan mutu dianalisa dengan persamaan kinetika reaksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jeruk siam yang dikemas dengan menggunakan kemasan warna merah (P1) memiliki laju peningkatan warna paling cepat; kekerasan jeruk siam yang mengalami penurunan paling lambat yaitu pada kemasan biru (P4); kadar brix paling tinggi pada hari ke-10 penyimpanan yaitu pada kemasan biru (P4); kadar air jeruk siam pada hari ke-10 penyimpanan dapat dipertahankan dengan perlakuan kemasan biru (P4); dan kandungan vitamin C pada jeruk siam pada hari ke-10 penyimpanan dapat dipertahankan dengan perlakuan kemasan biru (P4).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A16247
Uncontrolled Keywords: Kemasan Buah, Jeruk
Subjects: F > F413 Fruit Preservation
P > P6 Packaging
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Teknik Pertanian
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 06 Apr 2022 02:25
Last Modified: 06 Apr 2022 02:25
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15404

Actions (login required)

View Item View Item