IRIANTO, Irfan (2016) Efisiensi Pemasaran Duku Kalikajar di Desa Kalikajar Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
Cover_1.pdf Download (905kB) |
|
PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BabI)
Bab I_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabII)
Bab II_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
Bab V_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Indonesia merupakan salah satu negara yang banyak menghasilkan produksi buah-buahan salah satunya adalah duku. Kabupaten Purbalingga memiliki sentra penghasil duku yaitu di Kecamatan Kaligondang tepatnya di Desa Kalikajar. Banyaknya lembaga pemasaran mempengaruhi panjang pendeknya saluran pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya marjin pemasaran, bagian harga yang diterima oleh petani bagian biaya dan keuntungan pada setiap lembaga pemasaran, serta mengetahui profit margin pedagang dan juga sistem pemasaran duku sudah efisien baik secara operasional maupun harga. Pengambilan data dilakukan bulan 1 Maret 2014 sampai dengan 31 Mei 2014. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Kalikajar Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga. Penentuan lokasi di Desa Kalikajar dilakukan secara sengaja (Purposive).. Metode pengambilan sampel petani menggunakan Judgemental Sampling diperoleh populasi 35 petani. Metode pengambilan sampel pedagang menggunakan Snowball Sampling berjumlah 20 orang. Data dilakukan secara deskriptif terhadap saluran pemasaran dan Marjin Pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Desa Kalikajar Kecamatan Kaligondang terdapat 3 saluran pemasaran yaitu : 1. Petani – pengecer – konsumen, 2. Petani – pedagang besar – pengecer – konsumen, 3. Petani – pedagang pengumpul – pedagang besar – pengecer – konsumen. Marjin pemasaran pada saluran pertama Rp 3.987,01, marjin pemasaran pada saluran kedua sebesar Rp 5631,54. Bagian harga yang diterima petani pada saluran pertama sebesar 63,08 %, pada saluran kedua sebesar 53,63 %, dan saluran ketiga sebesar 40,04 %. Bagian keuntungan tiap saluran pemasaran sebagai berikut : pada saluran pertama pedagang eceran sebesar 91,07 %, pada saluran kedua pedagang besar sebesar 43,77 % pedagang eceran 40, 35 %, pada saluran ketiga pedagang pengumpul 0,66 %, pedagang besar 22,56 ,pedagang eceran 32,50 %.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | A16407 |
Uncontrolled Keywords: | Duku Kalikajar, Marjin Pemasaran, Bagian Keuntungan |
Subjects: | F > F407 Fruit M > M80 Marketing |
Divisions: | Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis |
Depositing User: | Users 4079 not found. |
Date Deposited: | 19 Apr 2022 02:07 |
Last Modified: | 19 Apr 2022 02:07 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15582 |
Actions (login required)
View Item |