ABROR, Fahmi Ulil (2022) Nilai Pendidikan Karakter pada Novel Merdeka Sejak Hati Karya Ahmad Fuadi dan Relevansinya dalam Pembelajaran Menganalisis Isi Novel. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Fahmi Ulil Abror-J1D017047-Skripsi-2022.pdf Download (576kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Fahmi Ulil Abror-J1D017047-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (860kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Fahmi Ulil Abror-J1D017047-Skripsi-2022.pdf Download (609kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Fahmi Ulil Abror-J1D017047-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (559kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Fahmi Ulil Abror-J1D017047-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (661kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Fahmi Ulil Abror-J1D017047-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (619kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Fahmi Ulil Abror-J1D017047-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (855kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Fahmi Ulil Abror-J1D017047-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (552kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Fahmi Ulil Abror-J1D017047-Skripsi-2022.pdf Download (609kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Fahmi Ulil Abror-J1D017047-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (598kB) |
Abstract
Abror, Fahmi Ulil. 2022. “Nilai Pendidikan Karakter pada Novel Merdeka Sejak Hati Karya Ahmad Fuadi dan Relevansinya dalam Pembelajaran Menganalisis Isi Novel”. Skripsi. Purwokerto: Fakultas Ilmu Budaya. Universitas Jenderal Soedirman. Penelitian ini bermula dari keresahan tentang karakter dan moral siswa. Atas dasar hal tersebut peneliti bertujuan meneliti nilai pendidikan karakter pada karya sastra yakni novel Merdeka Sejak Hati karya Ahmad Fuadi. Novel Merdeka Sejak Hati karya Ahmad Fuadi mengisahkan perjalanan hidup tokoh yang dinarasikan sebagai seorang pendidik dan pejuang nasionalis bernama Lafran yang hidup di lingkungan heterogen dengan berbagai karakter yang dapat ditemukan melalui kisah dalam novel yang dijabarkan secara menarik. Penelitian deskriptif kualitatif ini mendeskripsikan nilai pendidikan karakter dan relevansi dalam pembelajarannya di kelas XII sekolah menengah atas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik baca dan teknik catat. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis isi. Teknik penyajian data menggunakan metode informal. Hasil penelitian ditemukan 66 data dari 18 nilai pendidikan karakter yang diklasifikasikan menjadi 5 hubungan karakter manusia, yaitu nilai pendidikan karakter dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa, nilai pendidikan karakter dalam hubungannya dengan diri sendiri, nilai pendidikan karakter dalam hubungannya dengan sesama manusia, nilai pendidikan karakter dalam hubungannya dengan lingkungan, dan nilai pendidikan karakter dalam hubungannya dengan kebangsaan. Penelitian ini relevan dengan pembelajaran menganalisis isi novel di kelas XII sekolah menengah atas pada kurikulum 2013. Kata kunci: nilai pendidikan karakter, novel, pembelajaran
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | J22085 |
Uncontrolled Keywords: | nilai pendidikan karakter, novel, pembelajaran |
Subjects: | C > C179 Character E > E69 Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Fahmi Ulil Abror |
Date Deposited: | 17 May 2022 03:08 |
Last Modified: | 17 May 2022 03:08 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15786 |
Actions (login required)
View Item |