Analisis Simbolisme Jepang dalam Seragam Sekolah Menengah Pertama

SARI, Puspa Ratu Suci Arum (2022) Analisis Simbolisme Jepang dalam Seragam Sekolah Menengah Pertama. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Puspa Ratu-J1C017059-Skripsi-2022.pdf

Download (69kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Puspa Ratu-J1C017059-Skripsi-2022.pdf

Download (566kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Puspa Ratu-J1C017059-Skripsi-2022 (1).pdf

Download (478kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Puspa Ratu-J1C017059-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Puspa Ratu-J1C017059-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Puspa Ratu-J1C017059-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Puspa Ratu-J1C017059-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Puspa Ratu-J1C017059-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Puspa Ratu-J1C017059-Skripsi-2022.pdf

Download (647kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Puspa Ratu-J1C017059-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (548kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Simbolisme Jepang Dalam Seragam Sekolah Menengah Pertama”. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan makna semiotika (denotasi, konotasi, dan mitos) yang terdapat pada seragam Sekolah Menengah Pertama di Jepang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik studi pustaka. Data penelitian berupa screenshoot gambar berjumlah tujuh data yang dianalisis menggunakan teori semiotika Roland Barthes. Hasil penelitian menunjukkan beberapa makna yang terkandung dalam setiap simbol pada sergam terebut antara lain: (1) jas sekolah diharuskan berwarna gelap karena dianggap lebih mempresentasikan formalitas dari seragam sekolah. Sehingga pada tradisi masyarakat Jepang, para siswa dilarang menggunakan jas dengan warna mencolok, (2) kerah jas sebagai dekoratif sebuah busana, juga supaya sesuai standar untuk digunakan di segala acara, (3) kancing jas pada seragam merupakan sebuah tanda pengenal asal seragam untuk menutup bagian pakaian dalam, (4) saku jas merupakan sebuah kantong yang digunakkan untuk meletakkan suatu barang. (5) dasi adalah ornamen yang dipasangkan melingkar pada leher kemeja untuk memberikan ciri pada kelompok strata sosial tertinggi agar para siswa lebih percaya diri dan membiasakan diri untuk berpakaian rapih, (6) kemeja sekolah umumnya berwarna putih agar terlihat formal dan melambangkan kebersihan dan kepolosan siswa, juga memancarkan kejujuran, (7) rok sekolah pakaian bagian bawah yang menutupi sebagian atau seluruh bagian kaki untuk menunjukkan sisi feminisme dari siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa tiap simbol pada seragam memiliki makna dan arti yang berbeda, masing-masing simbol mewakili implimentasi dan ciri khas siswa Jepang itu sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: J22092
Uncontrolled Keywords: makna denotasi, makna konotasi, mitos, seragam sekolah menengah pertama, semiotika roland barthes
Subjects: J > J11 Japanese language
S > S210 Semiotics
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > S1 Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Mrs Puspa Ratu Suci Arum Sari
Date Deposited: 24 May 2022 03:58
Last Modified: 24 May 2022 03:58
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/16007

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year