NURAZMA, Risa (2022) Pengaruh Reliability dan Responsiveness Aparatur Birokrasi Terhadap Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tasikmalaya. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Risa Nurazma-F1D018022-Skripsi-2022.pdf.pdf Download (107kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Risa Nurazma-F1D018022-Skripsi-2022.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Risa Nurazma-F1D018022-Skripsi-2022.pdf.pdf Download (213kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-Risa Nurazma-F1D018022-Skripsi-2022.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (268kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-Risa Nurazma-F1D018022-Skripsi-2022.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (289kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-Risa Nurazma-F1D018022-Skripsi-2022.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Risa Nurazma-F1D018022-Skripsi-2022.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (575kB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-Risa Nurazma-F1D018022-Skripsi-2022.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Risa Nurazma-F1D018022-Skripsi-2022.pdf.pdf Download (225kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Risa Nurazma-F1D018022-Skripsi-2022.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Reliability dan Responsiveness Aparatur Birokrasi Terhadap Pelayanan Publik Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Tasikmalaya”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) pada tahun 2021 di Kota Tasikmalaya mencapai angka 82,99 dengan jenis pelayanan yang paling banyak digunakan adalah layanan pembuatan KTP. Tujuan enelitian adalah untuk menganalisis dan mengetahui seberapa besar pengaruh reliability dan responsiveness aparatur birokrasi terhadap pelayanan publik di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan dua variabel independen yaitu reliability dan responsiveness dengan satu variabel dependen yaitu pelayanan publik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantiatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan accidental sampling dari jumlah populasi 6.043, dengan margin of error 10% sehingga didapatkan sampel 100 responden. Teknik pengambilan data dilakukan melalui survei. Data primer diperoleh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan yang ada dalam kuesioner kepada responden terpilih yang berdasarkan pada kriteria tertentu. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, analisis korelasi pearson product moment, dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh reliability dan responsiveness terhadap pelayanan publik. Hal tersebut berdasarkan pada hasil analisis regresi linear berganda, dimana persamaan regresi linear berganda menunjukkan bahwa Y = 4.444 + 0,195X1 +0,725X2 + e. Dari persamaan tersebut dapat diinterpretasikan yaitu diketahui nilai konstanta adalah 4.444 dengan nilai koefisien regresi dari reliability adalah 0,195 dan nilai koefisien regresi dari responsiveness adalah 0,725. Artinya setiap perubahan dalam variabel reliability (X1) dan responsiveness (X2) akan diikuti oleh nilai masing-masing variabel yaitu 0,195 untuk reliability dan 0,725 untuk responsiveness. Adapun untuk R Squarenya memperoleh nilai koefisien determinasi 0,537. Sehingga dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh yang signikan antara reliability dan responsiveness aparatur birokrasi terhadap pelayanan publik yaitu sebesar 53,7% dan sisanya 46,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Reliability dan responsiveness terbukti efektif berpengaruh terhadap pelayanan publik. Dalam hal ini hipotesis kerja H1, H2, dan H3 diterima. Artinya terdapat pengaruh reliability terhadap pelayanan publik, pengaruh responsiveness terhadap pelayanan publik, dan secara bersama-sama terdapat pengaruh reliability dan responsiveness terhadap pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tasikmalaya. Hal tersebut sesuai dengan teori Kotler dan Pararusman dkk tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pelayanan yang menyatakan bahwa pelayanan dipengaruhi oleh reliability, responsiveness, tangible, assurance, dan emphaty. Dengan demikian, penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tasikmalaya akan meningkat seiring dengan meningkatnya reliability dan responsiveness aparatur birokrasi dalam memberikan pelayanannya kepada masyarakat. Kata Kunci: pengaruh, reliability, responsiveness, pelayanan publik
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F22147 |
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Reliability, Responsiveness, Pelayanan Publik |
Subjects: | P > P142 Performance P > P647 Public service commissions |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Politik |
Depositing User: | Mrs Risa Nurazma |
Date Deposited: | 25 May 2022 07:01 |
Last Modified: | 25 May 2022 07:19 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/16100 |
Actions (login required)
View Item |