Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Kualitas Pelayanan Perpustakaan Di UPT Perpustakaan Universitas Jenderal Soedirman

PRASETYO, Djoko and SUPRIYANA, Supriyana and KURNIAWAN, Aris and ROSYIDI, Fathu Rahman and HARIADI, Ari (2022) Analisis Kualitas Pelayanan Perpustakaan Di UPT Perpustakaan Universitas Jenderal Soedirman. In: Membangun Kolaborasi Strategis antara Perguruan Tinggi, Pemerintah, Bisnis dan Masyarakat Menuju Kampus Merdeka dalam Era Tatanan Baru Covid-19 dalam Pencapaian Sustainable Development (SGDs), 12 - 14 Oktober 2021, Purwokerto.

[img] PDF (Fulltext)
1812-3303-1-SM.pdf - Accepted Version

Download (564kB)

Abstract

Penelitian dengan judul Analisis Kualitas Layanan Perpustakaan di UPT Perpustakaan Universitas Jenderal Soedirman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kepuasan pemustaka terhadap kualitas pelayanan perpustakaan ditinjau dari 6 dimensi yang di adopsi dari LibQual+™ yang dikembangkan oleh The Association of Research Libraries (ARL). Keenam dimensi tersebut adalah (1) kemampuan pustakawan; (2) sikap dan perlaku pustakawan: (3) jaminan kemudahan dan keamanan; (4) perpustakaan sebagai tempat; (5) petunjuk dan sarana akses; (6) akses informasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Dengan demikian peneliti hanyalah memaparkan situasi atau peristiwa, dengan sampel anggota perpustakaan di lingkungan Unsoed sebanyak 348 orang yang diambil dari populasi sebanyak 26.246 orang. Analisis dalam peneliltian ini merupakan analisis satu variabel, yang akan dilakukan dengan melihat nilai kecenderungan centralnya. Pengujian dalam penelitian ini akan menggunakan nilai rata-rata (mean). Hasil penelitian menunjukkan, bahwa pengguna puas dengan layanan yang diberikan oleh perpustakaan, yaitu dengan skor 76,54 yang dihitung dari pengukuran pada seluruh dimensi. Dari hasil penelitian tersebut dapat dipahami, bahwa layanan perpustakaan di UPT Perpustakaan Universitas Jenderal Soedirman dalam kategori kualitas.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pengguna, Pelayanan Perpustakaan, Perpustakaan Perguruan Tinggi, Pengguna Perpustakaan
Subjects: L > L200 Library surveys
Q > Q2 Quality control
Divisions: Tenaga Kependidikan > Fungsional > Pustakawan
Depositing User: Mr Aris Admin
Date Deposited: 09 Aug 2022 07:55
Last Modified: 11 Aug 2022 03:22
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/17085

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year