PRASETYO, Djoko and SUPRIYANA, Supriyana and KURNIAWAN, Aris and ROSYIDI, Fathu Rahman and HARIADI, Ari (2022) Analisis Kualitas Pelayanan Perpustakaan Di UPT Perpustakaan Universitas Jenderal Soedirman. In: Membangun Kolaborasi Strategis antara Perguruan Tinggi, Pemerintah, Bisnis dan Masyarakat Menuju Kampus Merdeka dalam Era Tatanan Baru Covid-19 dalam Pencapaian Sustainable Development (SGDs), 12 - 14 Oktober 2021, Purwokerto.
PDF (Fulltext)
1812-3303-1-SM.pdf - Accepted Version Download (564kB) |
Abstract
Penelitian dengan judul Analisis Kualitas Layanan Perpustakaan di UPT Perpustakaan Universitas Jenderal Soedirman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kepuasan pemustaka terhadap kualitas pelayanan perpustakaan ditinjau dari 6 dimensi yang di adopsi dari LibQual+™ yang dikembangkan oleh The Association of Research Libraries (ARL). Keenam dimensi tersebut adalah (1) kemampuan pustakawan; (2) sikap dan perlaku pustakawan: (3) jaminan kemudahan dan keamanan; (4) perpustakaan sebagai tempat; (5) petunjuk dan sarana akses; (6) akses informasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Dengan demikian peneliti hanyalah memaparkan situasi atau peristiwa, dengan sampel anggota perpustakaan di lingkungan Unsoed sebanyak 348 orang yang diambil dari populasi sebanyak 26.246 orang. Analisis dalam peneliltian ini merupakan analisis satu variabel, yang akan dilakukan dengan melihat nilai kecenderungan centralnya. Pengujian dalam penelitian ini akan menggunakan nilai rata-rata (mean). Hasil penelitian menunjukkan, bahwa pengguna puas dengan layanan yang diberikan oleh perpustakaan, yaitu dengan skor 76,54 yang dihitung dari pengukuran pada seluruh dimensi. Dari hasil penelitian tersebut dapat dipahami, bahwa layanan perpustakaan di UPT Perpustakaan Universitas Jenderal Soedirman dalam kategori kualitas.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pengguna, Pelayanan Perpustakaan, Perpustakaan Perguruan Tinggi, Pengguna Perpustakaan |
Subjects: | L > L200 Library surveys Q > Q2 Quality control |
Divisions: | Tenaga Kependidikan > Fungsional > Pustakawan |
Depositing User: | Mr Aris Admin |
Date Deposited: | 09 Aug 2022 07:55 |
Last Modified: | 18 Aug 2023 12:03 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/17085 |
Actions (login required)
View Item |