Fauziah, Jessica Lin (2022) Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Pribadi dengan Menggunakan Model Mind Mapping pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 8 Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Abstrak)
COVER-Jessica Lin Fauziah-J1D017051-Skripsi-2022.pdf Download (383kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Jessica Lin Fauziah-J1D017051-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Jessica Lin Fauziah-J1D017051-Skripsi-2022.pdf Download (751kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Jessica Lin Fauziah-J1D017051-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 18 August 2023. Download (1MB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Jessica Lin Fauziah-J1D017051-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 18 August 2023. Download (3MB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Jessica Lin Fauziah-J1D017051-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 18 August 2023. Download (3MB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Jessica Lin Fauziah-J1D017051-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Jessica Lin Fauziah-J1D017051-Skripsi-2022.pdf Download (559kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Jessica Lin Fauziah-J1D017051-Skripsi-2022.pdf Download (633kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Jessica Lin Fauziah-J1D017051-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Fauziah, Jessica Lin. 2022.”Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Pribadi Dengan Model Mind Mapping pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 8 Purwokerto”. Skripsi. Purwokerto: Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jenderal Soedirman.Salah satu keterampilan berbahasa yaitu menulis. Menurut Dalman (2012:3) menulis merupakan sebuah proses kreatif menuangkan gagasan dalam bentuk bahasa tulisan, misalnya memberitahu, meyakinkan, atau menghibur. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis surat pribadi dengan menggunakan model mind mapping pada siswa kelas VII B SMP N 8 Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian kelas VIIB yang berjumlah 36 siswa. Penelitian dilaksanakan dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Terdapat empat tahap yang harus dilakukan yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik tes dan nontes. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan pada setiap siklusnya, pada pretes rata-rata kelas mencapai 69,2 siswa yang mencapai tuntas belajar sebanyak 5 siswa (13,80%). Setelah menggunkan model mind mapping, hasil belajar siswa meningkat yaitu pada postes siklus I nilai rata-rata kelas mencapai 74 siswa yang mencapai tuntas belajar sebanyak 16 siswa (44,40%) pada siklus II nilai rata-rata kelas mencapai 81, dan siswa yang mencapai tuntas belajar sebanyak 28 siswa (78%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model mind mapping dapat meningkatan keterampilan menulis surat pribadi kelas VIIB SMPN 8 Purwokerto.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | J22160 |
Uncontrolled Keywords: | mind mapping, menulis, surat pribadi |
Subjects: | L > L136 Letter writing W > W234 Writing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Jessica Lin Fauziah |
Date Deposited: | 18 Aug 2022 03:17 |
Last Modified: | 18 Aug 2022 03:17 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/17341 |
Actions (login required)
View Item |