Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Motivasi Modder Untuk melaksanakan Kegiatan Co-Creation Dalam Industri Video Game (Studi Kasus Forum Trackaholics Komunitas GTR2 FIA GT Racing Game)

IRAWAN, Wisnu Aditya (2022) Motivasi Modder Untuk melaksanakan Kegiatan Co-Creation Dalam Industri Video Game (Studi Kasus Forum Trackaholics Komunitas GTR2 FIA GT Racing Game). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Wisnu Aditya Irawan-C1B01506-Skripsi-2022.pdf

Download (657kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Wisnu Aditya Irawan-C1B01506-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Wisnu Aditya Irawan-C1B01506-Skripsi-2022.pdf

Download (598kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Wisnu Aditya Irawan-C1B01506-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 August 2023.

Download (753kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Wisnu Aditya Irawan-C1B01506-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 August 2023.

Download (881kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Wisnu Aditya Irawan-C1B01506-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 August 2023.

Download (614kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Wisnu Aditya Irawan-C1B01506-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (886kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Wisnu Aditya Irawan-C1B01506-Skripsi-2022.pdf

Download (608kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Wisnu Aditya Irawan-C1B01506-Skripsi-2022.pdf

Download (738kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Wisnu Aditya Irawan-C1B01506-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian survey pada kalangan modder produk video game berjudul GTR2 FIA GT Racing Game yang berada di forum komunitas TrackaHolics. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami alasan para modder untuk menyediakan konten mod untuk permainan GTR2 FIA GT Racing Game dan mendalami motif-motif yang mendasari kemauan para modder untuk melaksanakan aktivitas tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota terdaftar di forum Trackaholics. Partisipan dalam penelitian ini adalah anggota terdaftar di forum TrackaHolics Den yang pernah merilis mod. Jumlah partisipan dalam penelitian ini adalah 16 orang. Purposive sampling method digunakan dalam proses penentuan partisipan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dengan menggunakan metode analisis Miles dan Huberman, terdapat temuan bahwa: (1) Kesenangan pribadi dan pencarian pengalaman baru merupakan aspek motif intrinsik yang mendasari aktivitas modding di TrackaHolics. (2) Keinginan untuk diterima komunitas dan keinginan memperoleh umpan balik merupakan aspek motif sosial yang mendasari aktivitas modding di TrackaHolics. (3) Pengembangan keterampilan, pencarian informasi, dan pemahaman terhadap permainan GTR2 merupakan aspek motif pengetahuan yang mendasari aktivitas modding di TrackaHolics. Implikasi penelitian ini adalah bagi perusahaan, diharapkan perusahaan bersedia mendukung, atau setidaknya membiarkan, aktivitas modding. Perusahaan juga dapat memonitor aktivitas modding untuk memperoleh calon-calon pegawai yang potensial. Bagi konsumen, diharapkan konsumen (baik mod user maupun mod developer) dapat saling membantu dalam aktivitas modding dengan cara berbagi informasi penting yang relevan, melaporkan bug, dan mencarikan solusi atas masalah yang dilaporkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C22374
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Co-creation, Video game, Modding
Subjects: A > A31 Achievement motivation
G > G9 Games
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: Mr Wisnu Aditya rawan
Date Deposited: 22 Aug 2022 01:13
Last Modified: 22 Aug 2022 01:13
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/17454

Actions (login required)

View Item View Item