Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Praktik Pembelajaran Daring Bagi Anak Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Sekolah Dasar Negeri Ajibarang Kulon, Banyumas)

SETIAJI, muhamad danang dwi (2022) Praktik Pembelajaran Daring Bagi Anak Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Sekolah Dasar Negeri Ajibarang Kulon, Banyumas). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER - Muhamad Danang Dwi Setiaji - F1A018068 - SKRIPSI - 2022.pdf

Download (453kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS - Muhamad Danang Dwi Setiaji - F1A018068 - SKRIPSI - 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (762kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK - Muhamad Danang Dwi Setiaji - F1A018068 - SKRIPSI - 2022.pdf

Download (528kB)
[img] PDF (BabI)
BAB - I - Muhamad Danang Dwi Setiaji - F1A018068 - SKRIPSI - 2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 August 2023.

Download (433kB)
[img] PDF (BabII)
BAB - II - Muhamad Danang Dwi Setiaji - F1A018068 - SKRIPSI - 2022.pdf
Restricted to Registered users only until 25 August 2023.

Download (439kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB - III - Muhamad Danang Dwi Setiaji - F1A018068 - SKRIPSI - 2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 August 2023.

Download (479kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB - IV - Muhamad Danang Dwi Setiaji - F1A018068 - SKRIPSI - 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (989kB)
[img] PDF (BabV)
BAB - V - Muhamad Danang Dwi Setiaji - F1A018068 - SKRIPSI - 2022.pdf

Download (446kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA - Muhamad Danang Dwi Setiaji - F1A018068 - SKRIPSI - 2022.pdf

Download (430kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui praktik pembelajaran secara daring beserta hambatanya saat masa pandemi Covid-19, serta implikasinya terhadap interaksi sosial siswa. Penelitian dilakukan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Ajibarang Kulon, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi-terstruktur dan observasi. Analisis data menggunakan teknik analisis tematik. Validasi data menggunakan triangulasi sumber data. Subjek penelitian yaitu siswa kelas 1 dan 3 Sekolah Dasar, orang tua siswa dan guru yang ikut serta dalam pembelajaran secara daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik pembelajaran daring pada masa pandemi di SDN Ajibarang Kulon mayoritas menggunakan whatsapp grup sebagai aplikasi yang digunakan namun pada kelas 3 aplikasi yang digunakan lebih bervariasi. Selain whatsapp grup, juga menggunakan aplikasi google classroom dan zoom. Respon terhadap pembelajaran daring bervariasi: informan ada yang menganggap menyenangkan, ada pula yang menganggapnya tidak sesuai dengan perkembangan siswa. Beberapa informan berpendapat bahwa pembelajaran secara daring tidak efektif karena memiliki banyak hambatan dan mekanismenya merepotkan, sementara informan lain menganggapnya efektif karena pembelajaran daring merupakan pilihan paling tepat di masa pandemi untuk mencegah para siswa dan guru tertular virus Covid-19 yang saat itu persebarannya sangat luas. Pembelajaran secara daring menyebabkan perubahan interaksi antar siswa dan antara siswa dengan guru karena kontak sosial dilakukan secara tidak langsung. Sebaliknya, karena siswa harus belajar di rumah, interaksi anatara siswa dan orang tua justru semakin intens. Baik guru maupun orang tua mengakui bahwa pembelajaran daring juga mempengaruhi perilaku anak; mereka cenderung lebih santai dan malas, serta kurang terlibat secara sosial. Hambatan yang muncul dalam pembelajaran secara daring meliputi ketersediaan dan kapasitas gawai yang tidak memadai, ketidakstabilan dan ketergantungan sinyal internet, serta membengkaknya pengeluaran keluarga untuk membeli paket internet. Ke-depan, pemerintah perlu menyiapkan sistem pembelajaran daring secara lebih baik agar dapat meminimalisiasi berbagai hambatan sehingga dapat menjadi alternatif model pembelajaran yang efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F22325
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Interaksi Sosial, Hambatan
Subjects: C > C716 Concept learning
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi
Depositing User: Mr Muhamad Danang Dwi Setiaji
Date Deposited: 25 Aug 2022 06:38
Last Modified: 25 Aug 2022 06:38
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/17737

Actions (login required)

View Item View Item