KUSUMASTUTI, Dian (2022) Pengaruh Mata Kuliah Pengajaran Mikro, Literasi Informasi, dan Teknologi Informasi Terhadap Keterampilan Mengajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jenderal Soedirman. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (COVER)
COVER-Dian Kusumastuti-C1L016034-Skripsi-2022.pdf Download (259kB) |
|
PDF (LEGALITAS)
LEGALITAS-Dian Kusumastuti-C1L016034-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (456kB) |
|
PDF (ABSTRAK)
ABSTRAK-Dian Kusumastuti-C1L016034-Skripsi-2022.pdf Download (340kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-1-Dian Kusumastuti-C1L016034-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 10 October 2023. Download (126kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Dian Kusumastuti-C1L016034-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 10 October 2023. Download (172kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Dian Kusumastuti-C1L016034-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 10 October 2023. Download (155kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Dian Kusumastuti-C1L016034-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Dian Kusumastuti-C1L016034-Skripsi-2022.pdf Download (109kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Dian Kusumastuti-Skripsi-2022.pdf Download (113kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Dian Kusumastuti-C1L016034-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian survey yang menggunakan metode kuantitatif yang dilakukan pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jenderal Soedirman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Pengaruh mata kuliah pengajaran mikro terhadap keterampilan mengajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jenderal Soedirman; (2) Pengaruh literasi informasi terhadap keterampilan mengajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jenderal Soedirman; (3) Pengaruh teknologi informasi terhadap keterampilan mengajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jenderal Soedirman. Populasi pada penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jenderal Soedirman angkatan 2017, 2018, dan 2019 yang telah mengikuti mata kuliah pengajaran mikro. Metode dalam pengambilan sampel menggunakan metode Slovin dengan tingkat kepercayaan 95% dan tingkat kesalahan 5% sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 103 mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda dan Uji t. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukan hasil bahwa; (1) Mata kuliah pengajaran mikro memberikan pengaruh terhadap keterampilan mengajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jenderal Soedirman; (2) Literasi informasi memberikan pengaruh terhadap keterampilan mengajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jenderal Soedirman; (3) Teknologi informasi memberikan pengaruh terhadap keterampilan mengajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jenderal Soedirman. Implikasi dari penelitian ini adalah adanya fakta bahwa pengajaran mikro efektif untuk meningkatkan keterampilan mengajar mahasiswa maka diharapkan dosen / tenaga pendidik lebih banyak memberikan materi dan evaluasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Literasi informasi memberikan dampak efektif dalam peningkatan keterampilan mengajar mahasiswa karena mahasiswa dapat memilah dan memilih informasi yang tepat untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Penggunaan teknologi informasi yang semakin masif di kalangan mahasiswa efektif untuk meningkatkan keterampilan mengajarnya karena mahasiswa lebih mudah untuk memperoleh informasi dengan tepat dan akurat yang dapat menunjang proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C22426 |
Uncontrolled Keywords: | Pengajaran Mikro, Literasi Informasi, Teknologi Informasi |
Subjects: | S > S774 Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Dian Kusumastuti |
Date Deposited: | 10 Oct 2022 00:36 |
Last Modified: | 10 Oct 2022 00:36 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/18275 |
Actions (login required)
View Item |