Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Keaktifan Berorganisasi, Manajemen Waktu, dan Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jenderal Soedirman

PANJAITAN, Huriado Setyama (2022) Pengaruh Keaktifan Berorganisasi, Manajemen Waktu, dan Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jenderal Soedirman. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Huriado Setyama Panjaitan-C1L017003-Skripsi-2022.pdf

Download (4MB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Huriado Setyama Panjaitan-C1L017003-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Huriado Setyama Panjaitan-C1L017003-Skripsi-2022.pdf

Download (4MB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Huriado Setyama Panjaitan-C1L017003-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Huriado Setyama Panjaitan-C1L017003-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Huriado Setyama Panjaitan-C1L017003-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Huriado Setyama Panjaitan-C1L017003-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Huriado Setyama Panjaitan-C1L017003-Skripsi-2022.pdf

Download (4MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Huriado Setyama Panjaitan-C1L017003-Skripsi-2022.pdf

Download (4MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Huriado Setyama Panjaitan-C1L017003-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey, dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh keaktifan berorganisasi, manajemen waktu, dan efikasi diri terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jenderal Soedirman. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jenderal Soedirman Angkatan 2017-2020 yang berjumlah 195 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan proportionate stratified random sampling. Berdasarkan teknik tersebut, ditetapkan sampel minimal dalam penelitian ini sebanyak 131 mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Keaktifan berorganisasi berpengaruh positif terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jenderal Soedirman, 2) Manajemen waktu berpengaruh positif terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jenderal Soedirman, 3) Efikasi diri berpengaruh positif terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jenderal Soedirman. Implikasi dari kesimpulan di atas yaitu upaya yang dapat dilakukan dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jenderal Soedirman. Mahasiswa yang aktif dalam berorganisasi agar dapat meningkatkan hasil belajar dapat melakukan pengaturan diri dan pengaturan waktu agar kegiatan akademik dan organisasi dapat berjalan selaras tanpa harus ada yang ditinggalkan. Manajemen waktu yang tinggi dapat meningkatkan hasil belajar, untuk meningkatkan kemampuan manajemen waktu dapat dilakukan dengan membuat daftar rencana kegiatan agar lebih teratur dan menghindari kelalaian, menetapkan target pencapaian agar memiliki tujuan yang jelas, dan mempertimbangkan skala prioritas agar memudahkan dalam menentukan agenda mana yang harus terlebih dahulu diselesaikan. Upaya lain yang dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa dengan menumbuhkan efikasi diri yang tinggi. Untuk menumbuhkan efikasi diri yang tinggi dapat dilakukan dengan aktif dalam kegiatan organisasi, mencoba hal baru, dan memberikan afirmasi positif kepada diri sendiri, sehingga mahasiswa menjadi pribadi yang memiliki keyakinan yang tinggi dalam mengembangkan potensinya. Adapun Peneliti selanjutnya disarankan untuk menambahkan variabel lain seperti variabel moderasi untuk mengetahui kemungkinan adanya variabel lain yang dapat memperlemah atau memperkuat pengaruh keaktifan berorganisasi, manajemen waktu, dan efikasi diri terhadap hasil belajar mahasiswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C22465
Uncontrolled Keywords: Keaktifan Berorganisasi, Manajemen Waktu, Efikasi Diri, Hasil Belajar
Subjects: P > P612 Psychology of learning
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Huriado Setyama Panjaitan
Date Deposited: 10 Nov 2022 00:39
Last Modified: 10 Nov 2022 00:39
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/18510

Actions (login required)

View Item View Item