Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Dinas melalui Metode Quantum Writing pada Siswa Kelas VII H SMP Negeri 3 Purwokerto

CAHYANINGTYAS, Ayu (2022) Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Dinas melalui Metode Quantum Writing pada Siswa Kelas VII H SMP Negeri 3 Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Ayu Cahyaningtyas-J1D018050-Skripsi-2022.pdf

Download (188kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Ayu Cahyaningtyas-J1D018050-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (784kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Ayu Cahyaningtyas-J1D018050-Skripsi-2022.pdf

Download (386kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Ayu Cahyaningtyas-J1D018050-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 November 2023.

Download (298kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Ayu Cahyaningtyas-J1D018050-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Registered users only until 17 November 2023.

Download (254kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Ayu Cahyaningtyas-J1D018050-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 November 2023.

Download (625kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Ayu Cahyaningtyas-J1D018050-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Ayu Cahyaningtyas-J1D018050-Skripsi-2022.pdf

Download (178kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Ayu Cahyaningtyas-J1D018050-Skripsi-2022.pdf

Download (287kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Ayu Cahyaningtyas-J1D018050-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah keterampilan menulis surat dinas siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Purwokerto masih cukup rendah. Hal tersebut dapat dibuktikan dari data nilai keterampilan awal siswa dalam menulis surat dinas yang diambil pada tahap prasiklus. Nilai rata-rata kelas terendah diperoleh kelas VII H yang mencapai nilai 61,69 dari jumlah 33 siswa dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis surat dinas menggunakan metode Quantum Writing dan mengubah perilaku siswa kelas VII H SMP Negeri 3 Purwokerto dalam mengikuti pembelajaran menulis surat dinas dengan menggunakan metode Quantum Writing. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII H SMP Negeri 3 Purwokerto dengan jumlah 33 siswa. Data dalam penelitian ini dibagi menjadi dua, yaitu data tes dan nontes. Data tes diperoleh dari hasil tes menulis surat dinas pada siklus I dan siklus II. Data nontes diperoleh dari hasil observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengatasi permasalahan dalam proses pembelajaran menulis surat dinas yang telah ditemukan, yaitu penggunaan ejaan dan tanda baca, pemilihan diksi, dan cara menulis surat dinas dengan baik dan benar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis surat dinas siswa kelas VII H setelah penerapan metode Quantum Writing dalam pembelajaran menulis surat dinas. Rata-rata nilai dan ketuntasan belajar siswa telah mengalami peningkatan yang signifikan. Nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus I mencapai 78,03 yang termasuk pada kategori baik dan meningkat menjadi 88,45 pada siklus II yang termasuk pada kategori baik sekali. Hasil yang diperoleh dari data nontes menunjukkan adanya perubahan perilaku siswa ke arah positif dan menjadi lebih baik. Siswa lebih aktif dan antusias mengikuti pembelajaran menulis surat dinas setelah diterapkan metode Quantum Writing di kelas VII H SMP Negeri 3 Purwokerto.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: J22233
Uncontrolled Keywords: menulis, surat, dinas, metode, Quantum Writing
Subjects: L > L136 Letter writing
W > W234 Writing
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Ayu Cahyaningtyas
Date Deposited: 17 Nov 2022 04:24
Last Modified: 17 Nov 2022 04:24
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/18675

Actions (login required)

View Item View Item