Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Pembelian Sayuran Organik pada Pasar Modern dan Pasar Tradisional di Kota Jakarta Selatan

KARUNIA, Dita Putri (2017) Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Pembelian Sayuran Organik pada Pasar Modern dan Pasar Tradisional di Kota Jakarta Selatan. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (70kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas dan bagian awal TA_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (101kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (974kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img]
Preview
PDF (Daftarpustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (185kB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB)

Abstract

Fenomena dari pasar modern menjadikan banyak pilihan untuk membeli sayuran organik, hal ini dikarenakan kualitas sayuran organik yang baik, kemasan sayuran yang lebih rapi serta kenyamanan dalam berbelanja, sehingga konsumen lebih leluasa untuk memilih barang – barang kebutuhannya. Namun, hal ini tidak mengurangi minat konsumen manapun untuk memilih pasar tradisional sebagai tempat untuk membeli sayuran organik, dikarenakan harga yang murah, sayuran organik yang lebih beragam, serta jumlah pembeliannya dapat disesuaikan dengan keinginan konsumen, sehingga menjadi alasan sebagian konsumen berbelanja di pasar tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui faktor – faktor yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam pembelian sayuran organik pada pasar modern dan pasar tradisional di Kota Jakarta Selatan; 2) Mengetahui faktor yang paling dominan bagi konsumen dalam pembelian sayuran organik pada pasar modern dan pasar tradisional di Kota Jakarta Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Tempat penelitian dilakukan secara sengaja (purposive) yaitu di Pasar Modern Carrefour Lebak Bulus dan Pasar Tradisional Mayestik. Penelitian dilaksanakan pada bulan April hingga Mei 2017. Sasaran penelitian ini ditujukan kepada konsumen sayuran organik di Pasar Modern Carrefour Lebak Bulus dan Pasar Tradisional Mayestik. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari wawancara dengan konsumen menggunakan kuesioner dan data sekunder yang diperoleh dengan mencatat literatur dan dokumen lainnya yang berkaitan dengan penelitian. Data dianalisis dengan menggunakan analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang paling dominan sehingga dapat menimbulkan keputusan pembelian produk sayuran organik di Pasar Modern Carrefour Lebak Bulus adalah faktor psikologis yang memiliki variabel dengan loading factor tertinggi yaitu sebesar 0,886 yang terdapat pada variabel dorongan diri konsumen dalam mengkonsumsi produk sayuran organik, sehingga dapat dikatakan bahwa konsumen pasar modern termasuk ke dalam tipe konsumen analitis yaitu tipe konsumen yang sangat detail dan penuh pertimbangan, tipe pembeli ini harus memiliki data dan informasi yang lengkap (misal: kualitas) mengenai barang yang akan mereka beli serta tipe konsumen penghubung yaitu tipe konsumen yang selalu membicarakan terlebih dahulu kepada keluarga, teman, dan relasinya sebelum mengambil keputusan pembelian sampai pembeli tersebut memiliki keyakinan untuk membeli. Sedangkan, Pasar Tradisional Mayestik adalah faktor harga yang memiliki variabel dengan loading factor tertinggi yaitu sebesar 0,920 yang terdapat pada variabel kesesuaian harga produk sayuran organik terhadap manfaat produknya, sehingga dapat dikatakan bahwa konsumen pasar tradisional termasuk ke dalam tipe aktualisasi diri yaitu mengetahui dengan jelas barang apa yang ingin dibeli, jumlah uang yang bersedia dikeluarkan, dan manfaat dari barang yang dibeli.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A17460
Subjects: M > M35 Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: Mr Rohmadi Rohmadi
Date Deposited: 02 Aug 2019 07:26
Last Modified: 02 Aug 2019 07:26
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/1876

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year