Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengukuran Beban Kerja Mental Mahasiswa terhadap Penerapan Gamifikasi pada Asesmen Materi Hitungan

PRAKOSO, Abimanyu Dwi (2022) Pengukuran Beban Kerja Mental Mahasiswa terhadap Penerapan Gamifikasi pada Asesmen Materi Hitungan. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Abimanyu Dwi Prakoso-H1E018006-Skripsi-2022.pdf

Download (233kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Abimanyu Dwi Prakoso-H1E018006-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (885kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Abimanyu Dwi Prakoso-H1E018006-Skripsi-2022.pdf

Download (213kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Abimanyu Dwi Prakoso-H1E018006-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 November 2023.

Download (218kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Abimanyu Dwi Prakoso-H1E018006-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 November 2023.

Download (731kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Abimanyu Dwi Prakoso-H1E018006-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 November 2023.

Download (978kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Abimanyu Dwi Prakoso-H1E018006-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 November 2023.

Download (883kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Abimanyu Dwi Prakoso-H1E018006-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (859kB)
[img] PDF (BabVI)
BAB-VI-Abimanyu Dwi Prakoso-H1E018006-Skripsi-2022.pdf

Download (213kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Abimanyu Dwi Prakoso-H1E018006-Skripsi-2022.pdf

Download (487kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Abimanyu Dwi Prakoso-H1E018006-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dengan tujuan mencegah penyebaran COVID-19 di area kampus, Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) menerapkan e-learning. Namun, mahasiswa Teknik Industri UNSOED selama e-learning menggunakan beberapa diantaranya Quizizz dan Google Classroom dimana ada perbedaan rasa kompetitif yang dirasakan. Hasil kuesioner menunjukkan responden sangat setuju bahwa Quizizz dapat meningkatkan dorongan untuk menjadi yang terbaik pada leaderboard daripada Google Classroom dikarenakan adanya gamifikasi yaitu penerapan elemen game ke dalam aplikasi e-learning. Kemudian, berdasarkan penelitian terdahulu ditemukan adanya perbedaan beban kerja mental dari jenis materi yang diberikan dimana beban kerja mental paling tinggi yang dirasakan mahasiswa Teknik Industri UNSOED dalam e-learning yaitu materi hitungan. Sehingga, diperlukan perbandingan pengukuran beban kerja mental dalam penggunaan aplikasi e-learning dengan dan tanpa gamifikasi selama diberikan materi hitungan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hasil perhitungan dan pengaruh dari beban kerja mental dalam pengerjaan berupa kuis dari materi hitungan dengan dan tanpa gamifikasi. Penelitian ini dilaksanakan dengan 32 responden terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol yang diberikan perlakuan yaitu mempelajari video materi dan kuis dengan gamifikasi, setelah itu diberikan pengukuran beban kerja mental dengan NASA-TLX. Namun, ada penurunan beban kerja mental dilihat dari rata-rata nilai NASA-TLX kelompok gamifikasi sebesar 67,50 dan 79 untuk kelompok tanpa gamifikasi. Hasil penelitian menunjukkan perlunya pertimbangan penggunaan gamifikasi untuk mengurangi beban kerja mental mahasiswa dalam evaluasi belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: H22263
Uncontrolled Keywords: Gamifikasi, Beban Kerja Mental, NASA-TLX
Subjects: C > C559 College students
G > G9 Games
I > I258 Internet in education
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Industri
Depositing User: Mr Abimanyu Dwi Prakoso
Date Deposited: 21 Nov 2022 02:17
Last Modified: 21 Nov 2022 02:17
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/18768

Actions (login required)

View Item View Item