PRATIWI, Suci Indah (2022) Pengaruh Pembelajaran Kelompok, Inovasi Pembelajaran, dan Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa di MAN 2 Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER - SUCI INDAH PRATIWI - C1L018011 - SKRIPSI - 2022.pdf Download (166kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS - SUCI INDAH PRATIWI - C1L018011 - SKRIPSI - 2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (444kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK - SUCI INDAH PRATIWI - C1L018011 - SKRIPSI - 2022.pdf Download (200kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I - SUCI INDAH PRATIWI - C1L018011 - SKRIPSI - 2022.pdf Restricted to Repository staff only until 5 December 2023. Download (256kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II - SUCI INDAH PRATIWI - C1L018011 - SKRIPSI - 2022.pdf Restricted to Repository staff only until 5 December 2023. Download (337kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III - SUCI INDAH PRATIWI - C1L018011 - SKRIPSI - 2022.pdf Restricted to Repository staff only until 5 December 2023. Download (291kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV - SUCI INDAH PRATIWI - C1L018011 - SKRIPSI - 2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (368kB) |
|
PDF (BabV)
BAB V - SUCI INDAH PRATIWI - C1L018011 - SKRIPSI - 2022.pdf Download (180kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA - SUCI INDAH PRATIWI - C1L018011 - SKRIPSI - 2022.pdf Download (230kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN - SUCI INDAH PRATIWI - C1L018011 - SKRIPSI - 2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari pembelajaran kelompok, inovasi pembelajaran, bimbingan belajar dan prestasi belajar siswa di MAN 2 Banyumas. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Populasi penelitian berjumlah 257 siswa dari kelas XII IPS yang terdapat mata pelajaran ekonomi. Sampel yang digunakan sebanyak 157 siswa dengan teknik pengambilan sampel yakni simple random sampling. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) pembelajaran kelompok berpengaruh positif terhadap prestasi belajar, (2) inovasi pembelajaran berpengaruh negatif terhadap prestasi belajar, (3) bimbingan belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar. Adapun implikasi dari kesimpulan di atas yakni: (1) Guru mata pelajaran ekonomi MAN 2 Banyumas dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai bahan pertimbangan dalam menerapkan pembelajaran kelompok yang efektif pada materi-materi tertentu agar memberikan kesempatan kepada siswa untuk saling membantu, mendiskusikan, dan berargumentasi guna mengasah pengetahuan masing-masing siswa, (2) Guru mata pelajaran ekonomi MAN 2 Banyumas dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai bahan pertimbangan untuk mendukung pembelajaran di kelas dengan menggunakan metode yang kreatif serta memanfaatkan teknologi informasi yang menunjang pembelajaran di kelas agar siswa lebih bersemangat mengikuti mata pelajaran ekonomi, (3) Guru mata pelajaran ekonomi MAN 2 Banyumas dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai bahan pertimbangan untuk memberikan pengarahan kepada siswa yang membutuhkan bantuan khusus dalam pembelajaran sesuai dengan kebutuhan, minat, dan bakat agar setiap siswa dapat belajar dengan efisien sesuai kemampuan yang dimilikinya serta mencapai perkembangan yang optimal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C22509 |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kelompok, Inovasi Pembelajaran, Bimbingan Belajar, Prestasi Belajar |
Subjects: | A > A19 Academic achievement |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Suci Indah Pratiwi |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 10:49 |
Last Modified: | 05 Dec 2022 10:49 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/19162 |
Actions (login required)
View Item |