Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Guru SMP Negeri Kota Tasikmalaya dengan Kematangan Pengikut sebagai Variabel Moderasi

FRIYADI, Andiani Rahmadini Fitri (2022) Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Guru SMP Negeri Kota Tasikmalaya dengan Kematangan Pengikut sebagai Variabel Moderasi. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Andiani Rahmadini-C1B018026-Skripsi-2022.pdf

Download (77kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Andiani Rahmadini-C1B018026-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (825kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Andiani Rahmadini-C1B018026-Skripsi-2022.pdf

Download (140kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Andiani Rahmadini-C1B018026-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 December 2023.

Download (121kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Andiani Rahmadini-C1B018026-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 December 2023.

Download (268kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Andiani Rahmadini-C1B018026-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 December 2023.

Download (230kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Andiani Rahmadini-C1B018026-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Andiani Rahmadini-C1B018026-Skripsi-2022.pdf

Download (81kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Andiani Rahmadini-C1B018026-Skripsi-2022.pdf

Download (210kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Andiani Rahmadini-C1B018026-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan survei pada guru SMP Negeri Kota Tasikmalaya dengan penelitian yang berjudul “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri Kota Tasikmalaya dengan Kematangan Pengikut sebagai Variabel Moderasi” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja guru dengan kematangan pengikut sebagai variabel moderasi. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh guru SMP Negeri Kota Tasikmalaya dengan jumlah responden sebesar 277 responden yang diambil dari perhitungan menggunakan rumus slovin dan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dalam penentuan responden. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan yaitu: 1) Gaya kepemimpinan berpengaruh terhadap kinerja guru, 2) Kematangan pengikut berpengaruh terhadap kinerja guru, 3) Kematangan pengikut memoderasi gaya kepemimpinan terhadap kinerja guru. Implikasi berdasarkan hasil penelitian yaitu: 1) Bagi SMP Negeri Kota Tasikmalaya sebaiknya dapat menerapkan lebih baik lagi dalam hal gaya kepemimpinan dan terus memperhatikan kematangan pengikutnya sehingga kinerja guru bisa terus meningkat, 2) Memaksimalkan potensi mereka sebagai pemimpin dengan bersedia mengambil resiko dan perlu belajar menggunakan gaya delegating, sehingga terciptanya kesesuaian antara gaya kepemimpinan dan kematangan pengikut yang nantinya akan menghasilkan efektivitas dari seorang pemimpin sehingga dapat mempengaruhi guru dalam menunjukkan hasil kinerja yang lebih baik, 3) Dalam konteks pengembangan karir para guru SMP Negeri Kota Tasikmalaya, kepala sekolah sebagai pemimpin bisa menerapkan gaya yang sesuai dengan keadaan tersebut, misalnya gaya selling maupun gaya participating dengan memberi tahu bagaimana struktur dan arah yang tepat dalam pencapaian karir para guru, dan 4) Pemimpin perlu menggunakan sebuah model tertentu untuk menganalisis mengapa hasil kinerja memenuhi atau tidak memenuhi standar yang ditetapkan dalam proses perencanaan kinerja, sehingga dapat merancang strategi pengembangan terhadap masalah kinerja tertentu yang telah terjadi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C22532
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan, Kematangan Pengikut, Kinerja Guru
Subjects: L > L87 Leadership
T > T41 Teachers
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: Mrs ANDIANI RAHMADINI FITRI FRIYADI
Date Deposited: 13 Dec 2022 07:10
Last Modified: 13 Dec 2022 07:10
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/19210

Actions (login required)

View Item View Item