AFIFAH, Husnun Nur (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Dilihat Dari Kemandirian Belajar Kelas XI SMA Negeri 1 Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Husnun Nur Afifah-C1L018031-Skripsi-2022.pdf Download (3MB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Husnun Nur Afifah-C1L018031-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Husnun Nur Afifah-C1L018031-Skripsi-2022.pdf Download (3MB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-Husnun Nur Afifah-C1L018031-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 30 December 2023. Download (3MB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-Husnun Nur Afifah-C1L018031-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 30 December 2023. Download (3MB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-Husnun Nur Afifah-C1L018031-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 30 December 2023. Download (3MB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Husnun Nur Afifah-C1L018031-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-Husnun Nur Afifah-C1L018031-Skripsi-2022.pdf Download (3MB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Husnun Nur Afifah-C1L018031-Skripsi-2022.pdf Download (3MB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Husnun Nur Afifah-C1L018031-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan kuasi eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui, menganalisis, dan menguji pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar peserta didik melalui kemandirian belajar pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Purwokerto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI yang mendapatkan mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Purwokerto Tahun Ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Berdasarkan teknik tersebut, terdapat tiga kelas yang dijadikan sampel penelitian yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen, kelas XI IPS 2 sebagai kelas uji coba, dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Adapun alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linier sederhana, sobel test, dan independent sample t-test. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran flipped classroom berpengaruh terhadap hasil belajar; (2) Model pembelajaran flipped classroom berpengaruh terhadap kemandirian belajar; (3) Kemandirian belajar berpengaruh terhadap hasil belajar; (4) Model pembelajaran flipped classroom berpengaruh terhadap hasil belajar melalui kemandirian belajar; (5) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik antara kelas yang diterapkan model pembelajaran flipped classroom dan model pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C22579 |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Flipped Classroom, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | A > A19 Academic achievement L > L89 Learning and scholarship |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Husnun Nur Afifah |
Date Deposited: | 30 Dec 2022 08:16 |
Last Modified: | 30 Dec 2022 08:16 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/19384 |
Actions (login required)
View Item |