Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Dilihat Dari Kemandirian Belajar Kelas XI SMA Negeri 1 Purwokerto

AFIFAH, Husnun Nur (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Dilihat Dari Kemandirian Belajar Kelas XI SMA Negeri 1 Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Husnun Nur Afifah-C1L018031-Skripsi-2022.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Husnun Nur Afifah-C1L018031-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Husnun Nur Afifah-C1L018031-Skripsi-2022.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Husnun Nur Afifah-C1L018031-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 December 2023.

Download (3MB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Husnun Nur Afifah-C1L018031-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 December 2023.

Download (3MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Husnun Nur Afifah-C1L018031-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 December 2023.

Download (3MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Husnun Nur Afifah-C1L018031-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Husnun Nur Afifah-C1L018031-Skripsi-2022.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Husnun Nur Afifah-C1L018031-Skripsi-2022.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Husnun Nur Afifah-C1L018031-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan kuasi eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui, menganalisis, dan menguji pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar peserta didik melalui kemandirian belajar pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Purwokerto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI yang mendapatkan mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Purwokerto Tahun Ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Berdasarkan teknik tersebut, terdapat tiga kelas yang dijadikan sampel penelitian yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen, kelas XI IPS 2 sebagai kelas uji coba, dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Adapun alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linier sederhana, sobel test, dan independent sample t-test. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran flipped classroom berpengaruh terhadap hasil belajar; (2) Model pembelajaran flipped classroom berpengaruh terhadap kemandirian belajar; (3) Kemandirian belajar berpengaruh terhadap hasil belajar; (4) Model pembelajaran flipped classroom berpengaruh terhadap hasil belajar melalui kemandirian belajar; (5) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik antara kelas yang diterapkan model pembelajaran flipped classroom dan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C22579
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Flipped Classroom, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar
Subjects: A > A19 Academic achievement
L > L89 Learning and scholarship
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Husnun Nur Afifah
Date Deposited: 30 Dec 2022 08:16
Last Modified: 30 Dec 2022 08:16
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/19384

Actions (login required)

View Item View Item