Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Disiplin Kerja Perawat Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Pada Perawat Di Ruang Rawat Inap RSU Harapan Ibu Purbalingga)

RUZAINI, Rofie Shazani (2022) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Disiplin Kerja Perawat Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Pada Perawat Di Ruang Rawat Inap RSU Harapan Ibu Purbalingga). Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover.pdf

Download (83kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (614kB)
[img] PDF (BabI)
BabI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (657kB)
[img] PDF (BabII)
BabII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (704kB)
[img] PDF (BabIII)
BabIII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (665kB)
[img] PDF (BabIV)
BabIV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (752kB)
[img] PDF (BabV)
BabV.pdf

Download (622kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (688kB)

Abstract

Disiplin kerja merupakan bagian paling penting dalam manajemen sumber daya manusia dan faktor penting kualitas pelayanan di Rumah Sakit. Maka dari itu pada penelitian ini, Penulis menganalisis lebih lanjut mengenai faktor – faktor yang memengaruhi disiplin kerja perawat, terutama di Ruang Rawat Inap yang secara langsung melayani pasien. Faktor yang diteliti adalah teladan pimpinan, balas jasa supervisi (pengawasan), lingkungan kerja fisik dan non fisik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian berupa analisis deskritif korelatif, yaitu untuk mengetahui hubungan antara variabel bebas terhadap variabel terikat. Pendekatan penelitian adalah cross sectional, yang mana peneliti mengumpulkan data semua variabel penelitian dalam waktu yang sama. Sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 50 orang, yang dipilih dengan teknik probabilty sampling menggunakan kriteria tertentu. Proses penelitiani ini dilakukan di RSUD Harapan Ibu Purbalingga. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan kuesioner via google form dan teknik analisis data menggunakan uji Regresi Linear Berganda untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap disiplin kerja dengan bantuan aplikasi SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata responden berpendapat bahwa pimpinan sudah menjadi teladan yang baik serta memberikan pengawasan yang baik pula, akan tetapi dalam pemberian balas jasa atau penghargaan masih dirasa kurang. Lingkungan kerja fisik dan non fisik rata-rata sudah memberikan kenyamanan dalam bekerja. Uji hipotesis juga menunjukkan bahwa teladan pimpinan merupakan faktor yang memiliki pengaruh signifikan terhadap disiplin kerja perawat, sedangkan faktor balas jasa, supervisi, lingkungan kerja fisik dan non fisik tidak berpengaruh signifikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Nomor Inventaris: P223001
Uncontrolled Keywords: Disiplin kerja, teladan pimpinan, balas jasa, supervisi, lingkungan kerja fisik dan non fisik.
Subjects: H > H252 Hospitals Personnel management
H > H58 Health maintenance organizations
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen
Depositing User: Mr Rofie Shazni Ruzaini
Date Deposited: 06 Jan 2023 03:14
Last Modified: 06 Jan 2023 03:14
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/19433

Actions (login required)

View Item View Item