RIANIL, Siti Annisa Triandani (2023) Profil Strategi Belajar Self Regulated Learning Komponen Kognitif Dalam Diskusi Kelompok Selama Masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Siti Annisa Triandani Rianil-G1A019036-Skripsi-2023.pdf Download (71kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Siti Annisa Triandani Rianil-G1A019036-Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (256kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Siti Annisa Triandani Rianil-G1A019036-Skripsi-2023.pdf Download (124kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Siti Annisa Triandani Rianil-G1A019036-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 14 February 2024. Download (118kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Siti Annisa Triandani Rianil-G1A019036-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 14 February 2024. Download (345kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Siti Annisa Triandani Rianil-G1A019036-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 14 February 2024. Download (156kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Siti Annisa Triandani Rianil-G1A019036-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (591kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Siti Annisa Triandani Rianil-G1A019036-Skripsi-2023.pdf Download (137kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Siti Annisa Triandani Rianil-G1A019036-Skripsi-2023.pdf Download (187kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Siti Annisa Triandani Rianil-G1A019036-Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (720kB) |
Abstract
Latar Belakang : Perbedaan karakteristik lingkungan belajar selama masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) dengan masa pandemi Covid-19 dapat mempengaruhi penerapan strategi belajar self-regulated learning (SRL) mahasiswa. Informasi mengenai profil penerapan strategi belajar SRL komponen kognitif selama masa PTMT diperlukan dalam mengevaluasi proses belajar melalui diskusi kelompok sebagai metode belajar di fakultas kedokteran di Indonesia. Tujuan : Untuk mengetahui profil strategi belajar SRL komponen kognitif dalam mempersiapkan diskusi kelompok selama masa PTMT. Metode : Penelitian observasional dengan pendekatan deskriptif kuantitatif menggunakan data primer hasil pengisian kuesioner berjudul “Profil Strategi Belajar SRL Dalam Masa PTMT” pada populasi target 359 mahasiswa angkatan 2019, 2020, dan 2021. Analisis univariat penerapan strategi belajar oleh tiap angkatan dan keseluruhan responden pada tiap sub komponen strategi SRL komponen kognitif dan pada tiap jenis frekuensi penerapan disajikan dalam tabel distribusi frekuensi. Hasil : Responden berjumlah 199 orang terdiri dari 70,40% responden perempuan dan 29,60% responden laki - laki dengan rerata usia 19,61 tahun. Sebagian besar responden cukup sering menerapkan strategi belajar elaboration sebesar 34,97% (1.670) dan jarang/kadang-kadang menerapkan strategi belajar rehearsal sebesar 31,05% (309), organization sebesar 31,04% (556) dan critical thinking sebesar 36,01% (430) dalam diskusi kelompok PBL. Kesimpulan : Profil strategi belajar SRL komponen kognitif mahasiswa FK Unsoed dalam mempersiapkan diskusi kelompok PBL telah diperoleh dan diperlukan upaya untuk mempertahankan strategi belajar SRL yang telah selalu dan cukup sering diterapkan serta upaya untuk meningkatkan strategi belajar SRL yang masih jarang atau kadang – kadang dan tidak pernah diterapkan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | G23059 |
Uncontrolled Keywords: | kognitif, problem-based learning, PTMT, self-regulated learning |
Subjects: | C > C716 Concept learning M > M173 Medical colleges |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > S1 Pendidikan Dokter |
Depositing User: | Mrs Siti Annisa Triandani Rianil |
Date Deposited: | 14 Feb 2023 01:12 |
Last Modified: | 14 Feb 2023 01:12 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/20043 |
Actions (login required)
View Item |