WIRA, Yochananta (2023) Profil Strategi Belajar Self Regulated Learning Komponen Metakognitif Dalam Diskusi Kelompok Selama Masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (Studi Pada Mahasiswa Preklinik Jurusan Kedokteran Umum Universitas Jenderal Soedirman Tahun Ajaran 2021/2022). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Yochananta Wira-G1A019105-Skripsi-2023.pdf Download (85kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Yochananta Wira-G1A019105-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Yochananta Wira-G1A019105-Skripsi-2023.pdf Download (58kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Yochananta Wira-G1A019105-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Yochananta Wira-G1A019105-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (618kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Yochananta Wira-G1A019105-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Yochananta Wira-G1A019105-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (523kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Yochananta Wira-G1A019105-Skripsi-2023.pdf Download (65kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-G1A019105-Yochanananta Wira-G1A019105-Skripsi-2023.pdf Download (237kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Yochananta Wira-G1A019105-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (707kB) |
Abstract
Latar Belakang:Lingkungan belajar yang berbeda dibandingkan selama pandemi diduga mempengaruhi penerapan strategi belajar Self-Regulated Learning oleh mahasiswa dalam konteks diskusi kelompok Problem-Based Learning yang merupakan metode pembelajaran utama fakultas kedokteran di Indonesia dan negara lainnya. Penerapan SRL komponen metakognitif selama masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) kemungkinan berbeda pada jenis, frekuensi, dan intensitas dibandingkan selama masa pandemi. Tujuan:Penelitian ini mendeskripsikan profil strategi belajar SRL metakogntif dalam pelaksanaan diskusi kelompok PBL selama masa PTMT di Fakultas Kedokteran Unsoed. Metode:Penelitian observasional pendekatan deskriptif ditujukan pada mahasiswa angkatan 2019, 2020 dan 2021 Jurusan Kedokteran Umum dengan total 199 responden. Responden mengisi kuesioner dengan menentukan frekuensi penerapan dari tiap strategi belajar dalam melaksanakan PBL selama masa PTMT. Terdapat 22 contoh strategi belajar yang diadaptasikan dari kuesioner-kuesioner SRL dalam literatur dan berdasarkan konteks lokal. Hasil:Terdapat 70,35% responden perempuan dan 29,65% laki-laki dengan rerata usia 19,61 tahun. Sebagian besar responden angkatan 2019 selalu menerapkan planning, cukup sering menerapkan monitoring dan jarang menerapkan fine-tuning. Sebagian besar responden angkatan 2020 selalu menerapkan planning, cukup sering menerapkan monitoring dan jarang menerapkan fine-tuning. Sebagian besar responden angkatan 2021 selalu menerapkan planning, cukup sering menerapkan monitoring dan fine-tuning. Sebagian besar keseluruhan angkatan selalu menerapkan planning dan cukup sering menerapkan monitoring serta fine-tuning. Strategi belajar yang paling jarang bahkan tidak pernah diterapkan, yaitu membaca aktif, menetapkan tujuan belajar dan pembelajaran reflektif. Kesimpulan:Profil penerapan strategi belajar SRL selama masa PTMT telah diidentifikasi. Diperlukan peningkatan kemampuan mahasiswa dalam menerapkan strategi belajar SRL yang jarang atau kadang-kadang dan tidak pernah diterapkan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | G23045 |
Uncontrolled Keywords: | metakognitif, pembelajaran tatap muka terbatas, self-regulated learning |
Subjects: | C > C716 Concept learning |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > S1 Pendidikan Dokter |
Depositing User: | Mr Yochananta Wira Satya Putra |
Date Deposited: | 17 Feb 2023 04:03 |
Last Modified: | 17 Feb 2023 04:03 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/20165 |
Actions (login required)
View Item |