Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Terpaan Iklan Politik Media Luar Ruang Terhadap Perilaku Memilih Pemilih Pemula Dalam Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020 di Kota Pekalongan

KURNIALI, Muhammad Haidar Fikri (2023) Pengaruh Terpaan Iklan Politik Media Luar Ruang Terhadap Perilaku Memilih Pemilih Pemula Dalam Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020 di Kota Pekalongan. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Muhammad Haidar Fikri Kurniali-F1D019027-Skripsi-2023.pdf

Download (900kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Muhammad Haidar Fikri Kurniali-F1D019027-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Muhammad Haidar Fikri Kurniali-F1D019027-Skripsi-2023.pdf

Download (333kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Muhammad Haidar Fikri Kurniali-F1D019027-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 February 2024.

Download (649kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Muhammad Haidar Fikri Kurniali-F1D019027-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 February 2024.

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Muhammad Haidar Fikri Kurniali-F1D019027-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 February 2024.

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Muhammad Haidar Fikri Kurniali-F1D019027-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Muhammad Haidar Fikri Kurniali-F1D019027-Skripsi-2023.pdf

Download (316kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Muhammad Haidar Fikri Kurniali-F1D019027-Skripsi-2023.pdf

Download (424kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Muhammad Haidar Fikri Kurniali-F1D019027-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Terpaan Iklan Politik Media Luar Ruang Terhadap Perilaku Memilih Pemilih Pemula Dalam Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020 di Kota Pekalongan”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenaikan tajam pemilih pemula pada tahun 2020 yakni 95,5% dari tahun 2015, proyeksi dominasi pemilih pemula pada masa yang akan datang serta penggunaan iklan politik media luar ruang yang masih masif hingga sekarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh terpaan iklan politik media luar ruang terhadap perilaku memilih pemilih pemula dalam pemilihan kepala daerah tahun 2020 di kota pekalongan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Jumlah populasi di dalam penelitian ini sebanyak 8.437 orang, dengan margin of error 10% sehingga sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan data di dalam penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan kuesioner kepada responden. Lebih lanjut, Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis korelasi pearson, dan analisis regresi ordinal. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis kerja atau H1 diterima, artinya ada pengaruh terpaan iklan politik media luar ruang terhadap perilaku memilih pemilih pemula dalam pemilihan kepala daerah tahun 2020 di kota pekalongan. Hal tersebut dilandasi dari Pseudo R Square yang menunjukkan angka 0,231 yang artinya bahwa pengaruh terpaan iklan politik media luar ruang terhadap perilaku memilih pemilih pemula dalam pemilihan kepala daerah tahun 2020 di kota pekalongan adalah sebesar 23,1%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu telah terbukti bahwa hipotesis kerja atau H1 diterima atas dasar Pseudo R Square. Maka dari itu, artinya ada pengaruh terpaan iklan politik media luar ruang terhadap perilaku memilih pemilih pemula dalam pemilihan kepala daerah tahun 2020 di kota pekalongan sebesar 23,1%. Lebih lanjut, hal tersebut membuktikan kesesuaian dengan teori Advertising Exposure bahwa terpaan iklan dapat mempengaruhi perilaku seseorang, dalam konteks ini perilaku memilih pemilih pemula. Dengan diketahuinya bahwa kecenderungan hubungan antara variabel terpaan iklan politik media luar ruang terhadap variabel perilaku memilih pemilih pemula adalah positif, yakni hubungan antara dua variabel itu bergerak dalam arah yang sama. Dengan begitu satu variabel meningkat jika variabel lainnya meningkat, atau satu variabel menurun sementara yang lainnya juga menurun. Maka perilaku memilih pemilih pemula dapat dipengaruhi seiring dengan meningkatnya terpaan iklan politik media luar ruang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F23066
Uncontrolled Keywords: pengaruh, iklan politik media luar ruang, perilaku memilih
Subjects: H > H305 Human behavior
V > V118 Voter registration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Mr KURNIALI Muhammad Haidar Fikri
Date Deposited: 22 Feb 2023 03:20
Last Modified: 22 Feb 2023 03:20
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/20260

Actions (login required)

View Item View Item