Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Pengaruh Postingan Merek terhadap Minat Beli Ulang melalui Keterikatan Konsumen sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Konsumen Erigo Apparel)

KUSUMA, Abror Tegar (2023) Analisis Pengaruh Postingan Merek terhadap Minat Beli Ulang melalui Keterikatan Konsumen sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Konsumen Erigo Apparel). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Abror Tegar Kusuma-C1B019108-Skripsi-2023.pdf

Download (132kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Abror Tegar Kusuma-C1B019108-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Abror Tegar Kusuma-C1B019108-Skripsi-2023.pdf

Download (167kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Abror Tegar Kusuma-C1B019108-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 March 2024.

Download (184kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Abror Tegar Kusuma-C1B019108-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 March 2024.

Download (214kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Abror Tegar Kusuma-C1B019108-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 March 2024.

Download (396kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Abror Tegar Kusuma-C1B019108-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (768kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Abror Tegar Kusuma-C1B019108-Skripsi-2023.pdf

Download (103kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Abror Tegar Kusuma-C1B019108-Skripsi-2023.pdf

Download (169kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Abror Tegar Kusuma-C1B019108-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (845kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan studi empiris dengan judul “Analisis Pengaruh Postingan Merek terhadap Minat Beli Ulang melalui Keterikatan Konsumen sebagai Variabel Mediasi Studi pada Konsumen Erigo Apparel”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel postingan merek terhadap minat beli ulang konsumen dengan utility experiential value, entertainment experiential value, dan keterikatan konsumen sebagai variabel mediasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Brand Erigo di wilayah Indonesia. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 170 responden dengan menggunakan metode purposive sampling yang digunakan dalam penentuan responden berdasarkan kriteria yang ditetapkan seperti (1) Konsumen yang berusia 15-40 tahun, (2) Pernah membeli produk Erigo Apparel, (3) Menggunakan sosial media dan mem-follow instagram @erigostore. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis Structural Equation Modelling/SEM melalui software AMOS versi 23. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) postingan merek berpengaruh positif terhadap utility experiential value, (2) postingan merek berpengaruh positif terhadap entertainment experiential value, (3) utility experiential value tidak berpengaruh positif terhadap keterikatan konsumen, (4) entertainment experiential value berpengaruh positif terhadap keterikatan konsumen, (5) keterikatan konsumen berpengaruh positif terhadap minat beli ulang, dan (6) postingan merek berpengaruh terhadap keterikatan konsumen. Implikasi dari kesimpulan di atas yaitu sebagai upaya meningkatkan minat beli ulang para konsumennya, pihak manajemen Brand Erigo sebaiknya memperhatikan kebijakan dan evaluasi strategi pemasaran yang telah diterapkan. Brand Erigo diharapkan terus berinovasi dalam hal perumusan strategi pemasaran yang lebih relevan, viral, dan up to date agar sesuai target pasarnya yaitu generasi milenial. Penciptaan postingan yang berisi konten inovatif, informatif, dan edukatif akan memberikan added value bagi konsumen berupa pengalaman yang menyenangkan dan berkesan daripada merek-merek lainnya. Interaktivitas yang baik antara perusahaan dengan konsumen akan menciptakan nilai pengalaman setelah melihat postingan dari Erigo, hal tersebut sekalius menjadi upaya penciptaan hubungan yang baik dengan para pelanggan. Selain itu, Brand Erigo diharapkan untuk terus meningkatkan kualitas pengelolaan sosial media instagram @erigostore secara profesional dengan mulai dari secara rutin melakukan observasi konten-konten terkini, pengoptimalan fitur-fitur yang tersedia pada sosial media tersebut, pemberian fasilitas training & development untuk bagian terkait, penggunaan jasa content creator, dan juga secara rutin menganalisis dan mengevaluasi insight sosial media tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C23117
Uncontrolled Keywords: Postingan Merek, Utility Experiential Value, Entertainment Experiential Value, Keterikatan Konsumen, Minat Beli Ulang
Subjects: I > I260 Internet marketing
P > P668 Purchasing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: Mr KUSUMA Abror Tegar
Date Deposited: 01 Mar 2023 07:37
Last Modified: 01 Mar 2023 07:37
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/20523

Actions (login required)

View Item View Item