Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 2 Cilacap

SUKENDRO, Noviani Dwi Wahyudi (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 2 Cilacap. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-NOVIANI DWI W S-C1L019017-SKRIPSI-2023.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-NOVIANI DWI W S-C1L019017-SKRIPSI-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-NOVIANI DWI W S-C1L019017-SKRIPSI-2023.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-NOVIANI DWI W S-C1L019017-SKRIPSI-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 May 2024.

Download (2MB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-NOVIANI DWI W S-C1L019017-SKRIPSI-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 May 2024.

Download (2MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-NOVIANI DWI W S-C1L019017-SKRIPSI-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 May 2024.

Download (2MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-NOVIANI DWI W S-C1L019017-SKRIPSI-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-NOVIANI DWI W S-C1L019017-SKRIPSI-2023.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-NOVIANI DWI W S-C1L019017-SKRIPSI-2023.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-NOVIANI DWI W S-C1L019017-SKRIPSI-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen yang dilakukan terhadap siswa kelas XI IPS SMAN 2 Cilacap. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai rata-rata siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan dan pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe time token terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian dilaksanakan pada tahun ajaran 2022/2023 di SMAN 2 Cilacap. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design yang pada prosesnya menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 142 responden yang merupakan jumlah keseluruhan siswa kelas XI IPS di SMAN 2 Cilacap. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik Purposive Sampling di mana penentuan sampel didasarkan atas kriteria-kriteria tertentu, sehingga diperoleh 70 responden yang merupakan siswa kelas XI IPS 2 dan XI IPS 4 yang akan diuji dengan menggunakan instrumen berbentuk angket keaktifan sebanyak 19 soal dan pilihan ganda sebanyak 15 butir pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, terdapat perbedaan keaktifan belajar siswa kelas XI IPS di SMAN 2 Cilacap yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif time token dengan model pembelajaran ceramah. Kedua, terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMAN 2 Cilacap yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif time token dengan model pembelajaran ceramah. Ketiga, terdapat pengaruh positif model pembelajaran kooperatif tipe time token terhadap keaktifan belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 2 Cilacap. Keempat, terdapat pengaruh positif model pembelajaran kooperatif tipe time token terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 2 Cilacap. Implikasi penelitian ini yaitu guru dan sekolah dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan menciptakan atmosfer pembelajaran yang menyenangkan, tidak monoton, dan meningkatkan partisipasi siswa. Upaya tersebut dapat dilaksanakan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe time token dalam proses pembelajaran. Hal ini didasari hasil penelitian yang menyatakan bahwa model pembelajaran tersebut mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C23167
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Time Token, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar
Subjects: C > C843 Cooperative learning
S > S774 Study and teaching
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs. SUKENDRO Noviani Dwi Wahyudi
Date Deposited: 04 May 2023 00:55
Last Modified: 04 May 2023 00:55
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/20870

Actions (login required)

View Item View Item