SARI, Anggita Ediktya Arum (2023) Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Media Podcast terhadap Keaktifan Belajar dan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa SMA Negeri 1 Bobotsari. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-ANGGITA EDIKTYA ARUM SARI-C1L019019-SKRIPSI-2023.pdf Download (3MB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-ANGGITA EDIKTYA ARUM SARI-C1L019019-SKRIPSI-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-ANGGITA EDIKTYA ARUM SARI-C1L019019-SKRIPSI-2023.pdf Download (3MB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-ANGGITA EDIKTYA ARUM SARI-C1L019019-SKRIPSI-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 5 May 2024. Download (3MB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-ANGGITA EDIKTYA ARUM SARI-C1L019019-SKRIPSI-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 5 May 2024. Download (3MB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-ANGGITA EDIKTYA ARUM SARI-C1L019019-SKRIPSI-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 5 May 2024. Download (3MB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-ANGGITA EDIKTYA ARUM SARI-C1L019019-SKRIPSI-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-ANGGITA EDIKTYA ARUM SARI-C1L019019-SKRIPSI-2023.pdf Download (3MB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-ANGGITA EDIKTYA ARUM SARI-C1L019019-SKRIPSI-2023.pdf Download (3MB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-ANGGITA EDIKTYA ARUM SARI-C1L019019-SKRIPSI-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan metode eksperimen semu pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bobotsari. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh penerapan metode pembelajaran group investigation berbantuan media podcast terhadap keaktifan belajar dan prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri 1 Bobotsari. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dan soal pilihan ganda. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bobotsari tahun pelajaran 2022/2023 yang terdiri dari 5 kelas dan berjumlah 180 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 2 kelas dengan jumlah 70 siswa dan teknik penentuan sampelnya menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran soal, uji daya pembeda soal, uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t-test, dan regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan keaktifan belajar antara siswa yang menggunakan metode pembelajaran group investigation berbantuan media podcast dengan siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional; (2) Terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang menggunakan metode pembelajaran group investigation berbantuan media podcast dengan siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional; (3) Metode pembelajaran group investigation berbantuan media podcast berpengaruh positif terhadap keaktifan belajar; (4) Metode pembelajaran group investigation berbantuan media podcast berpengaruh positif terhadap prestasi belajar. Implikasi dari penelitian ini diharapkan guru dapat meningkatkan keaktifan belajar dan prestasi belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran yang mampu melibatkan dan menuntut siswa secara langsung dalam proses pembelajaran untuk aktif mencari informasi secara mandiri melalui berbagai media pembelajaran. Selain itu, guru hendaknya juga memanfaatkan media pembelajaran yang dapat membantu proses belajar siswa ketika berada di luar sekolah sehingga proses pemahaman materi siswa akan lebih mendalam.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C23169 |
Uncontrolled Keywords: | Group Investigation; Podcast; Keaktifan Belajar; Prestasi Belajar |
Subjects: | A > A19 Academic achievement S > S774 Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs. SARI Anggita Ediktya Arum |
Date Deposited: | 05 May 2023 03:02 |
Last Modified: | 05 May 2023 03:02 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/20897 |
Actions (login required)
View Item |