Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Niat Berpindah Merek yang Dimoderasi oleh Sikap Mencari Variasi pada Konsumen Produk Kosmetik Bertagar #Racuntiktok

KHAIRUNISA, Syafrila (2023) Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Niat Berpindah Merek yang Dimoderasi oleh Sikap Mencari Variasi pada Konsumen Produk Kosmetik Bertagar #Racuntiktok. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Syafrila Khairunisa-C1B019107-Skripsi-2023.pdf

Download (66kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Syafrila Khairunisa-C1B019107-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Syafrila Khairunisa-C1B019107-Skripsi-2023.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Syafrila Khairunisa-C1B019107-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 May 2024.

Download (546kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Syafrila Khairunisa-C1B019107-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 May 2024.

Download (246kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Syafrila Khairunisa-C1B019107-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 May 2024.

Download (73kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Syafrila Khairunisa-C1B019107-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Syafrila Khairunisa-C1B019107-Skripsi-2023.pdf

Download (49kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Syafrila Khairunisa-C1B019107-Skripsi-2023.pdf

Download (128kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Syafrila Khairunisa-C1B019107-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh electronic word of mouth (EWOM) dalam konten review produk kosmetik bertagar #racuntiktok dan sikap mencari variasi terhadap niat berpindah merek konsumen terkait produk kosmetik. Dalam penelitian ini, electronic word of mouth berupa dimensi yang terdiri dari Intensitas EWOM, Valensi Positif EWOM, Valensi Negatif EWOM dan Konten EWOM. Penelitian melakukan survei kepada 185 masyarakat perempuan di Pulau Jawa yang merupakan pengguna aktif Tiktok dan merupakan pengguna kosmetik bertagar #racuntiktok. Model penelitian diuji secara empiris menggunakan Partial Least Square dengan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa electronic word of mouth berupa valensi positif EWOM dan konten EWOM berpengaruh positif signifikan terhadap niat berpindah merek konsumen Akan tetapi, intensitas EWOM, valensi negatif EWOM ditemukan tidak berpengaruh terhadap niat berpindah merek. Kemudian sikap mencari variasi hanya mampu memoderasi pengaruh valensi negatif EWOM terhadap niat berpindah merek namun tidak mampu memoderasi pengaruh variabel dimensi EWOM lainnya terhadap niat berpindah merek. Studi ini memberikan implikasi teoritis yang dapat dijadikan sebagai referensi bagi penelitian selanjutnya dan implikasi manajerial bagi pemilik usaha produk kosmetik dan produk lainnya supaya dapat menentukan target pasar yang sesuai, meningkatkan komentar-komentar positif di media sosial terkait produknya, dan dalam pemilihan influencer hendaknya memberikan arahan yang baik dan jelas serta memperhatikan dari segi kredibilitas dan keterpercayaannya di mata konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C23184
Uncontrolled Keywords: Electronic word of mouth, intensitas EWOM, valensi positif EWOM, valensi negatif EWOM, konten EWOM, sikap mencari variasi, niat berpindah merek
Subjects: B > B337 Brand name products
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: Mrs. KHAIRUNISA Syafrila
Date Deposited: 10 May 2023 04:23
Last Modified: 10 May 2023 04:23
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/20942

Actions (login required)

View Item View Item