SETIARTI, Rizza Tri Januar (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan dan Kinerja Tenaga Non Medis Terhadap Kepuasan Pasien di Unit Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (Studi Puskesmas Penusupan Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Rizza Tri Januar Setiarti-F1B019085-Skripsi-2023.pdf Download (528kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Rizza Tri Januar Setiarti-F1B019085-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Rizza Tri Januar Setiarti-F1B019085-Skripsi-2023.pdf Download (794kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Rizza Tri Januar Setiarti-F1B019085-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 10 May 2024. Download (828kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Rizza Tri Januar Setiarti-F1B019085-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 10 May 2024. Download (914kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Rizza Tri Januar Setiarti-F1B019085-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 10 May 2024. Download (1MB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Rizza Tri Januar Setiarti-F1B019085-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Rizza Tri Januar Setiarti-F1B019085-Skripsi-2023.pdf Download (691kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Rizza Tri Januar Setiarti-F1B019085-Skripsi-2023.pdf Download (819kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Rizza Tri Januar Setiarti-F1B019085-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Kepuasan pasien akan terwujud apabila puskesmas mampu mencukupi semua kebutuhan pasien. Dengan masih adanya keluhan dari pasien terkait kualitas pelayanan yang diberikan dan berkurangnya jumlah tenaga non medis maka menunjukkan ketidakpuasan pasien. Merujuk pada masalah penelitian, maka penelitian ini akan mengkaji Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan dan Kinerja Tenaga Non Medis Terhadap Kepuasan Pasien di Unit Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak Puskesmas Penusupan Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal. Kepuasan pasien dapat diukur dengan kesesuaian harapan, minat berkunjung kembali dan kesediaan merekomendasikan. Kualitas pelayanan kesehatan dapat diukur dengan kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (empathy) dan bukti fisik (tangible). Sementara kinerja tenaga non medis dapat diukur dengan kualitas kerja, ketepatan waktu dan tanggung jawab. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Korelasi Kendall Tau-c, Koefisien Konkordansi Kendall W dan Regresi Ordinal. Sampel penelitian berjumlah 100 orang yang ditentukan berdasarkan teknik simple random sampling. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien sebesar 27 persen. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kinerja tenaga non medis terhadap kepuasan pasien sebesar 46,8 persen. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan kesehatan dan kinerja tenaga non medis terhadap kepuasan pasien sebesar 68,7 persen. Variabel kualitas pelayanan kesehatan dan kinerja tenaga non medis membuktikan bahwa semua variabel tersebut mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien. Berdasarkan hasil tersebut, untuk meningkatkan dan menciptakan kepuasan pasien yang maksimal sesuai dengan yang diharapkan, maka kualitas pelayanan kesehatan dan kinerja tenaga non medis perlu untuk ditingkatkan. Peningkatan kualitas pelayanan kesehatan dapat dilakukan melalui rapat secara internal untuk mengatasi keluhan pasien serta mengoptimalkan sarana dan prasarana. Peningkatan kinerja tenaga non medis dapat dilakukan dengan menambah jumlah SDM sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F23112 |
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan Pasien, Kualitas Pelayanan Kesehatan dan Kinerja Tenaga Non Medis |
Subjects: | C > C647 Community health services J > J56 Job satisfaction |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik |
Depositing User: | Mrs. SETIARTI Rizza Tri Januar |
Date Deposited: | 10 May 2023 06:09 |
Last Modified: | 10 May 2023 06:09 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/20957 |
Actions (login required)
View Item |