Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Preferensi Generasi Milenial dan Gen Z dalam Menggunakan Sistem Pembayaran Secara Cashless di DKI Jakarta

AZZAHRA, Sabrina Nurintan (2023) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Preferensi Generasi Milenial dan Gen Z dalam Menggunakan Sistem Pembayaran Secara Cashless di DKI Jakarta. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Sabrina Nurintan Azzahra-C1A019072-Skripsi-2023.pdf

Download (86kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Sabrina Nurintan Azzahra-C1A019072-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (712kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Sabrina Nurintan Azzahra-C1A019072-Skripsi-2023.pdf

Download (147kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Sabrina Nurintan Azzahra-C1A019072-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Sabrina Nurintan Azzahra-C1A019072-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Sabrina Nurintan Azzahra-C1A019072-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Sabrina Nurintan Azzahra-C1A019072-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Sabrina Nurintan Azzahra-C1A019072-Skripsi-2023.pdf

Download (64kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Sabrina Nurintan Azzahra-C1A019072-Skripsi-2023.pdf

Download (169kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Sabrina Nurintan Azzahra-C1A019072-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (776kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi Generasi Milenial dan Gen Z pengguna sistem pembayaran secara cashless di DKI Jakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, persepsi keamanan, pendapatan, tingkat pendidikan dan generasi terhadap preferensi Generasi Milenial dan Gen Z dalam menggunakan sistem pembayaran serta untuk mengetahui faktor mana yang paling berpengaruh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna sistem pembayaran secara cashless dengan rentang usia 15 – 44 tahun di DKI jakarta. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 100 responden. Metode Purposive Sampling digunakan dalam penentuan sampel penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dengan menggunakan Analisis Regresi Berganda menunjukkan bahwa: (1) Persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, persepsi keamanan, pendapatan, tingkat Pendidikan, dan generasi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap preferensi Generasi Milenial dan Gen Z dalam menggunakan sistem pembayaran secara cashless, (2) Persepsi kegunaan berpengaruh positif terhadap preferensi Generasi Milenial dan Gen Z dalam menggunakan sistem pembayaran secara cashless, (3) Persepsi kemudahan berpengaruh positif terhadap preferensi Generasi Milenial dan Gen Z dalam menggunakan sistem pembayaran secara cashless, (4) Persepsi keamanan tidak berpengaruh terhadap preferensi Generasi Milenial dan Gen Z dalam menggunakan sistem pembayaran secara cashless, (5) Pendapatan berpengaruh positif terhadap preferensi Generasi Milenial dan Gen Z dalam menggunakan sistem pembayaran secara cashless, (6) Tingkat pendidikan tidak berpengaruh terhadap preferensi Generasi Milenial dan Gen Z dalam menggunakan sistem pembayaran secara cashless, (7) Persepsi kegunaan merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap preferensi Generasi Milenial dan Gen Z dalam menggunakan sistem pembayaran secara cashless. Implikasi dari kesimpulan di atas yaitu untuk meningkatkan persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan, pihak penyedia dapat meningkatkan kualitas pelayanan dari sistem pembayaran secara cashless agar pengguna dapat lebih mudah untuk mengaksesnya sehingga saat digunakan untuk melakukan transaksi menjadi lebih cepat. Untuk meningkatkan persepsi keamanan, Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan dapat membuat kebijakan atau peraturan mengenai perlindungan data pribadi masyarakat yang berdasar hukum. Selanjutnya untuk meningkatkan penggunaan sistem pembayaran secara cashless para pihak penyedia harus lebih sering melakukan promosi yang dapat menarik perhatian masyarakat dan juga melakukan sosialisasi untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai sistem pembayaran secara cashless.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C23199
Uncontrolled Keywords: Preferensi Masyarakat, Sistem Pembayaran, Non Tunai, Generasi Milennial, Generasi Z
Subjects: C > C1020 Customer services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Ilmu Ekonomi & Studi Pembangunan
Depositing User: Mrs Sabrina Nurintan Azzahra
Date Deposited: 12 May 2023 01:36
Last Modified: 12 May 2023 01:36
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/20998

Actions (login required)

View Item View Item