WIJAYA, Katarina Frenka Nadya (2018) Perbandingan Rerata Nilai Ujian Identifikasi Anatomi Mahasiswa FK Unsoed Berdasarkan Kesesuaian Antara Gaya Belajar dengan Kebiasaan Belajar Model Vark. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
1. COVER-Katarina Frenka Nadya Wijaya-G1A015096-skripsi-2018.pdf Download (2MB) |
|
PDF (Legalitas)
2. LEGALITAS-Katarina Frenka Nadya Wijaya-G1A015096-skripsi-2018.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Abstrak)
3. ABSTRAK-Katarina Frenka Nadya Wijaya-G1A015096-skripsi-2018.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BabI)
4. BAB I-Katarina Frenka Nadya Wijaya-G1A015096-skripsi-2018.pdf Restricted to Repository staff only until 16 May 2024. Download (1MB) |
|
PDF (BabII)
5. BAB II-Katarina Frenka Nadya Wijaya-G1A015096-skripsi-2018.pdf Restricted to Repository staff only until 16 May 2024. Download (2MB) |
|
PDF (BabIII)
6. BAB III-Katarina Frenka Nadya Wijaya-G1A015096-skripsi-2018.pdf Restricted to Repository staff only until 16 May 2024. Download (2MB) |
|
PDF (BabIV)
7. BAB IV-Katarina Frenka Nadya Wijaya-G1A015096-skripsi-2018.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
8. BAB V-Katarina Frenka Nadya Wijaya-G1A015096-skripsi-2018.pdf Download (1MB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA-Katarina Frenka Nadya Wijaya-G1A015096-skripsi-2018.pdf Download (320kB) |
|
PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN-Katarina Frenka Nadya Wijaya-G1A015096-skripsi-2018.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Latar Belakang: Kegiatan belajar dan mengajar dipengaruhi banyak faktor, salah satunya kesesuaian antara gaya belajar dengan kebiasaan belajar yang diteliti berpengaruh signifikan terhadap performa akademik. Kesesuaian tersebut diamati dengan model VARK sedangkan performa akademik yang dibandingkan adalah rerata nilai ujian identifikasi Anatomi. Anatomi adalah ilmu esensial pendidikan kedokteran dan ujian identifikasi merupakan komponen penyusun nilai akhir blok. Tujuan: Untuk menganalisis perbedaan rerata nilai ujian identifikasi Anatomi berdasarkan kesesuaian antara gaya belajar dengan kebiasaan belajar model VARK pada mahasiswa Jurusan Kedokteran FK Unsoed Angkatan 2017. Metode: Rancangan cross sectional dilakukan pada 34 mahasiswa Jurusan Kedokteran FK Unsoed Angkatan 2017 yang terpilih melalui random sampling. Pengambilan data menggunakan Kuesioner VARK versi 7.1 Neil D. Fleming (2011) dan kuesioner kebiasaan belajar hasil konstruksi peneliti yang valid dan reliabel. Data nilai ujian identifikasi Anatomi diambil dari database departemen Anatomi. Uji hipotesis menggunakan Mann Whitney. Hasil: Gaya belajar yang paling banyak dimiliki adalah VARK (44,12 persen), kebiasaan belajar yang paling banyak digunakan adalah V, VK, dan AR (masingmasing 14,71 persen ), dan rerata nilai ujian identifikasi Anatomi paling banyak pada rentang nilai C (38,24 persen), dengan rerata nilai pada kelompok gaya belajar sesuai kebiasaan belajar (91,18 persen; 60,18±13,73) lebih rendah daripada kelompok tidak sesuai (8,82 persen; 61,94±14,38). Penelitian ini tidak signifikan (p=0,927). Kesimpulan: Tidak terdapat perbedaan rerata nilai ujian identifikasi Anatomi antara dua kelompok yang diamati dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | G19004 |
Uncontrolled Keywords: | Anatomi, gaya belajar, kebiasaan belajar, kesesuaian, ujian identifikasi, VARK |
Subjects: | C > C716 Concept learning P > P142 Performance |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > S1 Pendidikan Dokter |
Depositing User: | Mr soiman soiman |
Date Deposited: | 16 May 2023 02:52 |
Last Modified: | 16 May 2023 07:29 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/21106 |
Actions (login required)
View Item |