Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Faktor yang Berhubungan dengan Persepsi Peran Gender Siswa Sekolah Dasar di Purbalingga

RAMADHANI, Amalia Nur (2023) Faktor yang Berhubungan dengan Persepsi Peran Gender Siswa Sekolah Dasar di Purbalingga. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (COVER)
COVER-Amalia Nur Ramadhani-F2B021007-Tesis-2023.pdf

Download (298kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Amalia Nur Ramadhani-F2B021007-Tesis-2023.pdf

Download (353kB)
[img] PDF (ABSTRAK)
ABSTRAK-Amalia Nur Ramadhani-F2B021007-Tesis-2023.pdf

Download (249kB)
[img] PDF (BABI)
BAB-I-Amalia Nur Ramadhani-F2B021007-Tesis-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 May 2024.

Download (147kB)
[img] PDF (BABII)
BAB-II-Amalia Nur Ramadhani-F2B021007-Tesis-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 May 2024.

Download (177kB)
[img] PDF (BABIII)
BAB-III-Amalia Nur Ramadhani-F2B021007-Tesis-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 May 2024.

Download (152kB)
[img] PDF (BABIV)
BAB-IV-Amalia Nur Ramadhani-F2B021007-Tesis-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)
[img] PDF (BABV)
BAB-V-Amalia Nur Ramadhani-F2B021007-Tesis-2023.pdf

Download (101kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Amalia Nur Ramadhani-F2B021007-Tesis-2023.pdf

Download (172kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Amalia Nur Ramadhani-F2B021007-Tesis-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (824kB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan faktor yang berhubungan dengan persepsi peran gender siswa Sekolah Dasar di Purbalingga. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei di dua SD yang berlokasi di perdesaan dan dua SD di perkotaan Kabupaten Purbalingga. Dua SD yang berlokasi di perdesaan yaitu SDN 1 Pengadegan dan SDN 2 Wirasaba, dan dua SD yang berlokasi di perkotaan yaitu SDN 1 Purbalingga Lor dan SDN 1 Purbalingga Wetan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 5 dan 6 yang berjumlah 205 siswa, dan sample dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh yaitu semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan positif antara sosialisasi peran gender di keluarga dengan persepsi peran gender responden, namun sangat lemah dan tidak signifikan. Nilai korelasi yang tidak signifikan tersebut menunjukkan bahwa masih terdapat faktor lain yang menentukan persepsi peran gender responden, yaitu sosialisasi peran gender di kelompok teman sebaya, di sekolah, dan literasi media yang dimiliki responden. Berikut hasil analisis dari faktor-faktor yang berhubungan dengan persepsi gender. Hasil analisis hubungan antara sosialisasi peran gender di kelompok teman sebaya dengan persepsi peran gender responden juga menunjukkan hubungan positif yang sangat signifikan. Penelitian ini juga menunjukkan hasil perbedaan persepsi peran gender responden di sekolah perdesaan dan sekolah perkotaan tidak signifikan. Artinya, responden mengalami sosialisasi yang hampir sama melalui guru dan bahan ajar di sekolah terkait peran gender. Hasil analisis hubungan antara sosialisasi peran gender di sekolah dengan persepsi peran gender responden menunjukkan hubungan positif yang sangat signifikan. Kemudian, hasil analisis hubungan antara literasi media dengan persepsi peran gender responden terdapat hubungan positif sangat signifikan. Penelitian ini mengungkapkan terdapat hubungan antara sosialisasi peran gender di keluarga, sosialisasi peran gender di kelompok teman sebaya, sosialisasi peran gender di sekolah, dan literasi media dengan persepsi peran gender siswa SD. Oleh karena itu, sosialisasi peran gender di masyarakat perlu dimasifkan untuk merealisasikan kesetaraan gender.

Item Type: Thesis (Masters)
Nomor Inventaris: P223128
Uncontrolled Keywords: gender, precepption, school
Subjects: E > E187 Elementary schools
P > P138 Perception
S > S240 Sex
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi
Depositing User: Mrs Amalia Nur Ramadhani
Date Deposited: 24 May 2023 07:47
Last Modified: 24 May 2023 07:47
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/21441

Actions (login required)

View Item View Item