Octaviana, Rena (2023) Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kompetensi Pedagogik Guru dan Perilaku Belajar terhadap Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Rena Octaviana-C1L019010-Skripsi-2023.pdf Download (93kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Rena Octaviana-C1L019010-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Rena Octaviana-C1L019010-Skripsi-2023.pdf Download (130kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-Rena Octaviana-C1L019010-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 16 June 2024. Download (168kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-Rena Octaviana-C1L019010-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 16 June 2024. Download (338kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-Rena Octaviana-C1L019010-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 16 June 2024. Download (241kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Rena Octaviana-C1L019010-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (442kB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-Rena Octaviana-C1L019010-Skripsi-2023.pdf Download (69kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Rena Octaviana-C1L019010-Skripsi-2023.pdf Download (204kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Rena Octaviana-C1L019010-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (406kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian survei pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Purwokerto. Penelitian mengambil tajuk “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kompetensi Pedagogik Guru Dan Perilaku Belajar Terhadap Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Purwokerto”. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, kompetensi pedagogik guru dan perilaku belajar terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran ekonomi. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Purwokerto. Jumlah responden yang diambil dalam penelitian ini adalah 107 responden. Total Sampling digunakan dalam penentuan responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, heteroskedastisitas, regresi linear berganda dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa: pertama, kecerdasan emosional berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran ekonomi. Kedua, kompetensi pedagogik guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran ekonomi. Ketiga, perilaku belajar berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran ekonomi. Implikasi dari penelitian ini adalah dalam upaya meningkatkan pemahaman siswa adalah dengan guru hendaknya terus berusaha meningkatkan kompetensi yang dimilikinya, khususnya kompetensi pedagogik. Contoh yang dapat dilakukan yakni dengan memanfaatkan berbagai macam media, model atau metode pembelajaran yang dapat membangun antusiasme dan mampu meningkatkan pemahaman peserta didik mengenai mata pelajaran ekonomi. Peserta didik diharapkan mampu lebih mengenali diri sendiri dengan memahami kekurangan maupun kelebihan diri, mengelola emosi diri dengan baik serta lebih rajin untuk mengunjungi perpustakaan guna menambah pengetahuan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C23244 |
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Emosional, Kompetensi Pedagogik Guru, Perilaku Belajar |
Subjects: | S > S774 Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs. OCTAVIANA Rena |
Date Deposited: | 16 Jun 2023 02:39 |
Last Modified: | 16 Jun 2023 02:39 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/21664 |
Actions (login required)
View Item |